Peringati HUT Korpri yang ke-46, Pemkot Bontang Gelar Upacara

(Bontang, 29 November 2017). Korps Pegawai Republik Indonesia, atau disingkat Korpri yang didirikan pada tanggal 29 November 1971 merupakan wadah untuk menghimpun seluruh pegawai Republik Indonesia demi meningkatkan perjuangan, pengabdian, serta kesetiaan kepada cita-cita perjuangan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang bersifat demokratis, mandiri, bebas, aktif, professional, netral, produktif, dan bertanggung jawab. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971.

Oleh karena itu, sebagai bentuk loyalitas dan peringatan Hari Ulang Tahun Korpri Ke-46 Pemerintah Kota Bontang menggelar upacara pada Rabu (29/11/17). Bertempat di Auditorium Walikota Bontang Lestari, upacara tersebut dipimpin oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. Artahnan Saidi, M.M dan dihadiri oleh seluruh Kepala OPD serta Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkot Bontang.
Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Drs. Artahnan Saidi, M.M menuturkan bahwa Korpri harus menjadi pilar utama pemersatu bangsa dan negara Indonesia dengan aparatur sipil negara sebagai agen perekat kebinekaan. Oleh karena itu, peran Korpri menjadi sangat vital, Korpri harus bisa menjadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah.

Di era persaingan terbuka saat ini, banyak tantangan yang harus dihadapi. Inovasi dan perkembangan teknologi global tidak hanya membawa kemudahan pada kehidupan sehari-hari, tetapi bahkan mampu mengubah lanskap ekonomi, kehidupan sosial poitik, hingga kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai aparatur sipil negara harus mampu mengejar ketertinggalan dalam memberikan pelayanan kepada publik yang tuntutannya semakin tinggi. Setiap anggota Korpri harus terus memperbaiki diri, tinggalkan cara-cara rutin dan perkuat debirokratisasi. Jangan pernah berhenti berinovasi, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Selain itu, Korpri juga harus mampu menjaga netralitas organisasi, menempatkan pelayanan masyarakat diatas kepentingan pribadi, organisasi dan golongan.
Diakhir pembacaan sambutan tersebut, Drs. Artahnan mengucapkan selamat ulang tahun Korpri yang ke-46 dan selamat menunaikan tugas bagi seluruh aparatur sipil di lingkungan Pemkot Bontang.

“Akhirnya, saya ucapkan selamat ulang tahun Korpri yang ke-46. Selamat menunaikan tugas dan tanggung jawab serta kewajiban bagi seluruh aparatur sipil yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bontang.Junjung tinggi Panca Prasetya Korpri,” tutup Artahnan.

PPID Kota Bontang