Bantuan Ketahanan Pangan Untuk Warga Terdampak Corona Di Kota Bontang

(Bontang, 13 Juli 2020) Dinas Pangan, Tanaman Pangan Dan Holtikultura (PTPH) Provinsi Kalimantan Timur hari ini menyerahkan Bantuan Cadangan Pangan (CPP) secara simbolis, kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di Kota Bontang. Acara yang digelar di BPU Bontang Selatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Aji Erlynawati, Kepala Bidang Distribusi dan Kesedian Pangan M. Alimuddin dan Sekretaris Camat Bontang Selatan Agus Salim Umar.

Setidaknya ada 6 kelurahan yang pada hari ini menerima bantuan CPP dengan total 98 Kepala Keluarga (KK). Yaitu Kelurahan Bontang Lestari sebanyak 26 KK. Berbas Tengah 17 KK, Tanjung Laut Indah 19 KK, Tanjung Laut 22 KK dan Satimpo 1 KK.

Alimuddin menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama diberikannya Bantuan CPP ini utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat. Data yang digunakanpun merupakan hasil pemetaan kerawanan pangan disuatu daerah.

“Masyarakat yang terdampak Covid itu tidak semua yang kita bantu. Karena ada persyaratan-persyaratan cadangan pangan povinsi yang dibolehkan kepada masyarakat. Itu dari hasil pemetaan kerawanan pangan. Jadi adanya covid maupun tidak, tetap kami intervensi. Tetap kami bantu.” Ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan pada satu tahun sebelumnya. Dan pemberian di tahun ini kebetulan bertepatan dengan terjadinya wabah Covid-19. Ketika disinggung mengenai indikator pemilihan daerah yang dibantu, ia menjelaskan bahwa hal itu berdasarkan pemetaan dampak Covid-19 disebuah wilayah.

“kebetulan kategori 1 sampai 3 zona merah untuk Bontang itu Bontang Selatan.”

Bantuan yang diterima masing-masing kepala keluarga adalah sebanyak 0,25 kilo gram per hari. Dan  dikalkulasikan sebanyak 30 hari menjadi total 7,5 kilo gram per KK.

Cadangan Pangan sendiri memiliki peran strategis dalam penyediaan pangan untuk penanganan bencana, kerawanan pangan, kondisi darurat serta menjaga stabilisasi harga pangan di daerah. Salah satu kelebihannya adalah apabila terjadi bencana alam atau sosial dalam skala kecil dan bersifat lokal, pemerintah daerah dapat langsung menyalurkan bantuan kepada korban bencana.

Dalam sambutan Wali Kota Bontang yang diwakilki oleh Aji Erlynawati, ia menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada pemerintah provinsi atas alokasi dana bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kota Taman.

“Melaui cadangan pangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Kota Bontang mendapatkan alokasi bantuan sejumlah 730 kg beras untuk 97 jiwa di Kecamatan Bontang Selatan.” Tukasnya.

Ia berharap, agar bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan terakhir, ia berpesan supaya masyarakat tetap bisa menjalankan kegiatan produktif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. (kmf_rose)

(PPID KOTA BONTANG)