279 Warga Kelurahan Berbas Pantai Terima Bantuan Paket Sembako

(Bontang, 2 Juli 2020). Sebanyak 279 warga Kelurahan Berbas Pantai yang terdampak Covid-19 menerima bantuan paket sembako dari Pemerintah Kota Bontang dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bontang.

Bantuan yang bersumber dari dana zakat ini secara simbolis diserahkan langsung Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.OG, di Pendopo Rujab Wali Kota, Kamis (2/7/2020).

Dalam sambutannya, Neni Moerniaeni menyampaikan rasa syukur karena dapat berbagi dengan warga yang terdampak Covid-19.

Dijelaskan Neni, dana zakat ini adalah dana yang dikumpulkan setiap bulan mulai dari wali kota hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bontang. “Jadi kita ingin bersih dari segala kewajiban-kewajiban kita sebagai umat Islam,” ujarnya.

Ia menambahkan, menunaikan zakat begitu pun juga sedekah dan infak tidak akan menyebabkan kemiskinan. Justru dengan berzakat, sedekah, dan infak dapat menjadikan Kota Taman menjadi kota yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

“Inilah yang bunda lakukan, bagaimana menggerakkan hati pegawai di lingkungan Pemkot Bontang untuk membayar zakat. Zakat kita bisa terkumpul dan Alhamdulillah bisa diberikan kepada delapan Asnaf (golongan penerima zakat),” lanjutnya.

Neni berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga yang terdampak Covid-19. Tidak lupa ia pun mengimbau kepada penerima zakat agar tetap menaati protokol kesehatan Covid-19 di era new normal diantaranya wajib menggunakan masker di setiap kegiatan dan menjaga jarak.

Insyaallah (bantuan) ini bermanfaat buat bapak/ibu, dan jangan lupa untuk menjalankan perintah Allah SWT dan meninggalkan larangannya. ‘Corona Lawan, Bontang Jago’,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Bontang H. Kuba Siga berharap bantuan di masa pandemi ini menjadikan berkah tersendiri. Diketahui bersama, lanjutnya, bantuan ini adalah zakat yang diberikan kepada delapan orang yang berhak menerima zakat, diantaranya fakir dan miskin.

“Saya tahu persis bahwasanya dimasa Covid-19 ini banyak sekali yang terdampak, mulai dari pekerjaan mungkin serba terbatas kemudian penghasilan menurun drastis, bahkan ada yang sudah susah mencari makan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, patut disyukuri atas kebijakan Wali Kota Bontang beserta jajaran dan Baznas sehingga warga tidak mampu yang tidak mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi dapat tercakup dari bantuan zakat tersebut.

Tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Plt. Camat Bontang Selatan, dan Lurah Berbas Pantai. (kmf_ag)

PPID Kota Bontang