Jadi yang Pertama Di Indonesia, TKD dan Pengurus RT Dilindungi Jaminan Sosial Oleh Pemerintah Daerah

Kota Taman menjadi kota pertama yang melakukan Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama, antara Pemerintah Kota Bontang dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga kerja kontrak daerah dan pengurus RT Kota Bontang, dilaksanakan pada Jumat malam 13 Maret 2020. Bertempat di Auditorium Dinas Pemuda dan Olahraga, acara ini juga turut dihadir oleh Neni Moerniaeni Walikota Bontang.

Sebanyak 499 Rukun Tetangga beserta pengurusnya hadir dalan acara tersebut. MOU yang baru pertama kali ada di Indonesia ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Dengan adanaya nota perjanjian tersebut, kedepannya seluruh tanaga kontak atau honorer beserta pengurus RT akan dilindungi oleh jaminan kesehatan BPJS.

Dalam laporan yang disampaikan oleh M Bahri Asisten I Pemkot Bontang, jumlah besaran iuran yang akan diberikan bagi TKD 10.800 setiap bulannya, yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 4.800 dan Jaminan Kematian (JKM) sebanyak Rp 6000. Sedangkan bagi pengurus RT jumlah iuran sebesar Rp 5.400 yang terdiri dari JKK sebesar Rp 2.400 dan JKM Rp 3000. Seluruh besaran iuran sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah daerah tanpa ada potongan dari peserta.

📷 Rose/Kominfo
✍ Rose/Kominfo