Pemerintah Amanah, Tertib Arsip

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan hari ini 11 maret 2020 menggelar agenda Sosialisasi Peraturan Walikota Nomor 37 Tahun 2019, yang membahas tentang Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis Dilingkungan Pemerintah Daerah. Dengan tema “Sistem Klasifikasi Keamanan Akses Arsip  Dilingkungan Pemkot Bontang” acara ini diselenggarakan di Auditorium 3D dan dibuka secara langsung oleh Neni Moerniaeni Walikota Bontang, yang diwakili Zulkifli Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah.

Tujuan diadakannya sosialisasi tersebut adalah sebagai pembinaan dalam kearsipan, untuk meningkatkan kualitas SDM dan pengetahuan aparatur dibidang kearsjpan. Juga dalam rangka menyeragamkan pemahaman tata kelola kearsipan sesuai ketentuan yang ada. Serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Zulkifli, Bunda Neni (sapaan akrab walikota Bontang) menyampaikan bahwa sosialiasi ini penting untuk dilakukan sebagai bentuk upaya perlindungan data dan arsip dari penyalahgunaan kepentingan.

“Dalam rangka melindungi fisik, informasi arsip dan menjamin keamanan arsip dari pihak-pihak yang tidak berhak, dan untuk menyediakan informasi yang dikategorikan terbuka serta dapat diakses bagi kepentingan publik, perlu menetapkan upaya-upaya sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis.”

Dengan diadakan sosialisasi atau penyusunan kearsipan dilingkungan instansi pemerintah maupun swasta, diharapkan adanya kesadaran akan pentingnya akses dinamis yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi pencipta arsip.

Ia juga mengharapkan seluruh OPD bisa bekerja sama dalam kepedulian terhadap arti penting arsip sebagai pilar akuntabilitas dalam menuju serta mewujudkan pemerintahan yang amanah.

📷 Rose/Kominfo
✍ Rose/Kominfo