2020 Bontang Stop BAB Sembarangan2020 Bontang Stop BAB Sembarangan

Bapelitbang Kota Bontang mengadakan Rapat Koordinasi Kota Sehat pada Kamis 12 Maret 2020. Dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang, acara ini bertajuk “2020 Bontang Stop BAB Sembarangan”. Dalam kesempatan ini juga turut serta Walikota, perwakilan dewan dan juga Forum Kota Sehat, untuk membahas secara langsung upaya-upaya yang dilakukan guna membuat Kota Taman dapat seratus persen bebas dari kebiasaan dan perliaku BAB Sembarangan.

Dalam materi yang disampaikan oleh Hamzah Ketua Forum Kota Sehat, masih ada beberapa kepala keluarga khususnya di Kecamatan Bontang Selatan yang masih BAB Sembarangan. Beberapa kendala teknsi dan non teknis juga ditemui Forkohat dalam pelaksanaannya dilapangan. Diantaranya adalah ketidak tahuan masyarakat terkait perawatan septitank, sikap acuh warga yang tidak memelihara sarana sanitasi, dan masih terdapat kesalahan konstruksi dan instalasi perpipaan septitank komunal dan biofil. Saat ini masih terdapat total 2.086 kepala keluarga dan 1.916 rumah yang BAB Sembarangan  dan tersebar di 6 kelurahan di Kota Bontang.

Kota Bontang merupakan salah satu kota di Indonesia yang sudah menyandang predikat sebagai kota sehat nasional. Ini dibuktikan dengan diperolehnya penghargan Kota Sehat Wistara  secara berturu-turut. Penilaian ini menjadi semangat bagi semua pihak untuk terus mengimplementasikan indikator kota sehat hingga kelapisan paling bawah , yaitu pokja kelurahan sehat yang ada ditiap keluahan.

Dalam sambutannya, Bunda Neni mengharapkan kepada para pelaku usaha khususnya perusahaan yang memiliki CSR  untuk dapat mendukung terwujudnya bebas perilaku BAB Sembarangan ditiap-tiap kelurahan di Kota Taman.

PPID Kota Bontang