Pengukuhan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kota Bontang, Optimalkan Pelayanan Kesejahteraan Sosial

(Bontang, 10 Maret 2020). Pengurus Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Kota Bontang resmi dikukuhkan, Senin (9/3/2020). Pelantikan serta pengukuhan ini dilakukan Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.OG, kepada 149 pengurus LK3 di Pendopo Rujab, Jl. Awang Long, Bontang Utara.

Neni Moerniaeni dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada mitra kerja atau jaringan kerja yang telah terjalin. Sebab, penanganan permasalahan sosial tidak dapat ditangangani sendiri oleh pemerintah, namun perlu dilakukan bersama seluruh stakeholders baik masyarakat maupun dunia usaha dan industri.

Perlu diketahui bersama bahwa saat ini telah terjadi pergeseran paradigma penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) kearah intervensi keluarga yang bermasalah psikososial. Sehingga keluarga pulih kembali dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

Lebih lanjut, Neni berharap pengukuhan ini dapat memperkuat peran serta potensi sumber kesejahteraan social (PSKS), kepedulian dan peran serta juga tanggung jawab bersama, memperkuat dan mengembangkan sistem jaringan kerja sama kemitraan antara pemerintah dan masyarakat serta dunia usaha dalam penanganan keluarga bermasalah psikososial oleh LK3 Kota Bontang secara berkelanjutan.

“Hal ini dapat saya sampaikan bahwa LK3 merupakan salah satu lembaga yang memberikan pelayanan kesejahteraan sosial yang sangat strategis dan merupakan program nasional Kementerian Sosial RI. Diharapkan mampu menjadi wahana pelayanan kesejahteraan sosial khususnya bagi keluarga bermasalah psikososial,”

Sementara, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (DSPM) Bontang Drs. H. Abdu Safa Muha mengatakan pelantikan ini guna peningkatan tata kelola lembaga LK3 Kota Bontang dengan inovasi baru yakni tergabungnya Babinsa.

“Harapannya, layanan bagi penyandang sesuai arahan Ibu wali kota, yakni menurunkan permasalahan sosial,” kata Abdu Safa Muha. (kmf-ag)

PPID Kota Bontang

📷 Dinas Sosial
✍ Andrew/Kominfo