Targetkan 100 Persen Kunjungan Balita ke Posyandu

(Bontang, 28 Februari 2020). Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong Pokja Sehat, Kelurahan Api-Api menggelar senam bersama dan cek kesehatan gratis yang dirangkai Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada 10 Posyandu Balita dan 5 Posyandu Lansia, Jumat (28/2/2020) pagi.

Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.OG,turut hadir meramaikan kegiatan ini. Secara khusus ia menaruh atensi terhadap pemberian PMT kepada Posyandu Balita dan Posyandu Lansia.

Ia berharap hasil dari kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan Balita ke Posyandu mencakup 100 persen. Mengingat, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bontang, kunjungan Balita ke Posyandu saat ini baru mencapai 75 persen.

Di kesempatan ini pula, ia menekankanperan seluruh pihak mulai dari RT, para kader Posyandu di kelurahan dan kecamatan untuk mengimbau dan menginformasikan kepada masyarakat akan manfaat yang diperoleh jika datang ke Posyandu. Terlebih, saat ini Pemkot Bontang juga memberikan PMT untuk pencegahan Stunting.

“Output yang kita harapkan dari pertemuan ini adalah cakupan kunjungan Posyandu, cakupan Imunisasi se-Kelurahan Api-Api harus 100 persen, kita harus punya target,” kata Neni.

Di samping itu, Neni bersyukur Posyandu Lansia turut mendapatPMT yang disesuaikan dengan usia. Menurutnya, usia Lansia membutuhkan perhatian yang lebih. Meski belum memiliki data kunjungan Lansia ke Posyandu, namun ia tetap menekankan bahwa informasi terkait Lansia juga harus sampai ke masyarakat luas melalui peran RT.

Lebih lanjut, yang tak kalah pentingnya Neni mengingatkan agar warga Kota Taman rutin melakukan cek kesehatan minimal enam bulan sekali.

“Dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong Pokja Sehat Kelurahan Api-Api, Bunda mengucapkan terima kasih. Terus tingkatkan gerakan untuk menjadikan Kelurahan Api-Api menjadi kelurahan yang sehat,” imbau Neni

Sementara, Lurah Api-Api Andiga Mufti Kuswardani, SSTP mengungkapkan kegiatan ini merupakan launching Germas. Ke depannya, Germas akan dilakukan setiap bulan bersama  PMT untuk Posyandu Balita dan Lansia yang telah rutin dilaksanakan di tingkat RT.

Diinformasikan, Kegiatan ini dihelat di Lapangan perumahan Halal Square RT.05 Bontang Utara dengan tema “Gerakan Sadar Lingkungan dengan Mengendalikan Sampah Plastik dan Menekan Angka Korban Demam Berdarah”.

Tampak hadir, Camat Bontang Utara Drs. Sudi Priyanto, M.Si, Kader Posyandu, para guru Paud, RT,TP-PKK, serta jajaranKelurahan Api-Api.

Adapun penerima PMT Posyandu Balita, yakni Posyandu Balita Kasih Bunda, Sekar Tanjung, Mutiara Insan, Permai Indah, Dahlia 2, Kenanga, Mawadah, Wijaya Kusuma, Lili, dan Tulip. Sedangkan Posyandu Lansia penerima PMT diantaranya Posyandu Lansia Mawadah, Kasih Bunda, Sehat Sejahtera, Sayang Bunda, dan Permai Indah. (kmf_ag)

PPID Kota Bontang

📸 Hermanbaakel/Dokumentasi Pimpinan
✍🏻 Andrew/Kominfo