Kick Off Masterplan Smart City

Setelah rangkaian Bimbingan Teknis Masterplan Smart City, Kota Bontang melakukan Kick Off Masterplan Smart City, Kamis (27/2) pagi. Bertempat di Command Center, Lantai 2 Auditorium 3D, Bontang Utara, seluruh OPD dan perwakilan perusahaan teknologi hadir.

Membuka paparannya, Kepala Dinas Kominfo Drs. Dasuki, M.Si mengajak hadirin untuk satu persepsi.

“Smart City bukan program Diskominfo. Smart city adalah program kota yang dimanahai kepada setiap OPD, khususnya Diskominfo dan Bapelitbang sebagai pemeran utama,” ungkapnya.

Masterplan yang disusun mengusung tiga Quick Win, yakni Simpeltaru, Super Apps Bessai Berinta Smart City, dan Kampung Masdarling. Ketiganya merupakan perwujudan nilai-nilai Smart City Bontang: inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan.

Tahun ini, Dasuki menargetkan Bontang akan menginisiasi Perda Smart City. “Mudah-mudahan yang pertama di Kalimantan Timur,” imbuhnya.

Dasuki, yang kala itu duduk berdampingan dengan Wali Kota Bontang, menjelaskan bahwa Bontang menduduki peringkat empat, kota dengan penggunaan internet terbesar. Sebanyak 56,62% penduduk Bontang di atas usia 5 tahun merupakan pengguna internet. Oleh karenanya inovasi OPD mutlak adanya.

Pemerintah Kota telah sadar akan hal ini. Terbukti Bapelitbang telah mewajibkan tiap OPD berinovasi. Tak tanggung-tanggung, seluruhnya berkewajiban menelurkan 5 inovasi setiap tahun.

Dengan hadirnya seluruh OPD, diharapkan Masterplan Smart City, khususnya tiga Quick Win yang disusun, mampu dijalankan. Visi besar Masterplan ini adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera, humanis, dan inovasi berkelanjutan. (KMF_AF)

📷 Nisa,Fatih/Kominfo
✍ Arief/Kominfo