Jadi Role Model Paud, Bunda Paud Provinsi Kaltim Kunjungi Kota Bontang

(Bontang, 24 Februari 2020). Sebanyak 521 anak dari 25 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) menyambut kedatangan Bunda Paud Provinsi Kalimantan Timur Noorbaiti Isran Noor dan Bunda Paud Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.OG, didampingi Bunda Paud Kecamatan se-Kota Bontang, Bunda Paud Kelurahan se-Kota Bontang, Senin (24/2/2020) pagi.

Berpusat di Aula Gedung Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Kota Bontang, kedatangan rombongan disambut antusias dan meriah dengan atraksi Drumband dari TK Bhayangkari.

Selain itu, acara ini dirangkai dengan salah satu inovasi unggulan Bunda Paud Kota Bontang, yakni KEDUBES (Keliling Dunia Bersama) Bunda Paud. Dari inovasi tersebut, Bunda Paud Kota Bontang berhasil meraih beberapa penghargaan, diantaranya Apresiasi Bunda Paud Tingkat Nasional, Penghargaan Himpaudi Award Tingkat Nasional, Penghargaan Kepala Daerah Peduli Paud, dan Panji Bunda Paud Tingkat Provinsi Kaltim.

“Hari ini kedatangan tamu yang sangat istimewa, Bunda Paud Provinsi Kaltim. Atas nama Pemkot Bontang tak terhingga kita ucapkan terima kasih,” ujar Neni Moerniaeni.

Bunda Paud Neni menjelaskan, Kota Bontang terdiri dari 3 Bunda Paud Kecamatan, 15 Bunda Paud Kelurahan, dan 160 lembaga Paud yang 90 persen telah terakreditasi. Untuk itu, kedepannya ia  mengupayakan seluruh lembaga Paud dapat terakreditasi, serta meningkat kualifikasi pendidikan seluruh pendidik Paud menjadi Sarjana Paud yang saat ini telah terakomodir 60 persen.

Tak lupa, ia pun mendoakan agar Bunda Paud Provinsi Kaltim dapat dinobatkan sebagai Bunda Paud Provinsi terbaik di seluruh Indonesia. “Pemerintah provinsi (Kaltim) memfasilitasi kita untuk terus berinovasi terutama Bunda Paud provinsi, dan Insyaallah Bunda Paud Provinsi Kaltim akan menjadi Bunda Paud Provinsi terbaik se-Indonesia,” imbuhnya.

Sementara, Bunda Paud Provinsi Kaltim Noorbaiti Isran Noor mengapresiasi dan bangga atas pencapaian Bunda Paud Kota Bontang. Menurutnya, keberhasilan yang diraih Kota Bontang secara tidak langsung juga mewakili Provinsi Kaltim.

“Bahwa tujuan kami kesini ingin melihat bagaimana Paud-Paud yang ada di Kota Bontang bisa berkembang pesat. Bagaimana kegiatan seperti ini, sebagai ajang silaturahmi baik kepada Paud-Paud itu sendiri, para orang tua yang mendampingi anaknya, dan seluruh jajaran yang mensupport kegiatan Paud di Kota Bontang,” kata istri Gubernur Kaltim Isran Noor.

Dijelaskannya, Pemerintah Provinsi Kaltim selalu mendukung semangat perkembangan Paud di Kota Bontang dan di kabupaten/kota lainnya. Sehingga dari perkembangan itu nantinya dapat menghasilkan sumber daya manusia yang siap bersaing di tingkat nasional.

Lebih lanjut, Noorbaiti Isran Noor berharap kegiatan di Kota Bontang ini dapat diikuti kabupaten/kota lainnya. Mengingat, Kota Bontang dinilai layak menjadi role model yang berhasil mengembangkan Paud.

“Jadi kabupaten/kota lainnya tidak perlu studi banding keluar daerah, cukup belajar di Bontang. Sehingga pembelajaran Bunda Paud itu belajarnya di Bontang, dan mudah-mudahan bisa juga kabupaten/kota lainnya mengembangkan potensi-potensinya,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, tampak hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Zulkifli, MT, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang Drs. Akhmad Suharto, M.Si, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, dan Pokja Paud Kota Bontang. Acara ini diakhiri dengan kegiatan menonton film edukasi, mendongeng, membaca buku, dan mewarnai. (kmf_ag)

PPID Kota Bontang

📷 Rusdien/Kominfo
✍ Andrew/Kominfo