Jadi Wadah Aspirasi Asosiasi Serikat Pekerja/Buruh Adakan Deklarasi

Deklarasi Asosiasi Serikat Pekerja/Buruh di Kota Bontang dilaksanakan hari ini Sabtu 22 Februari 2020. Bertempat di Auditorium 3D Bontang, ada 12 Serikat Pekerja (SP) yang tergabung dan ikut serta dalam deklarasi tersebut. Diantaranya adalah SP LNG Badak, SP Badak LNG Bersatu, SP FKPPM, SP PRO PKT, SP KNE Perbantuan PKT, SP YUM, AKKPI (Kaltim Parna Industri),  SP PT KMU (Kaltim Medika Utama), SP KSS (Kaltim Satria Samudera),SP BES (Borneo Etam Samudera), SP Pos Indonesia Bontang dan yang terakhir SP KNE Intern.

Dalam kesempatan ini juga turut dihadiri oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. Dalam sambutannya, ia menyambut baik dengan  adanya Asosiasi Serikat Pekerja/Buruh di Kota Bontang  dan mengharapkan terciptanya kerjasama yang baik sehingga dimasa yang akan datang  aspirasi pekerja atau buruh di Kota Taman dapat tertampung sebagaimana mestinya

 “Saya menyambut baik organisasi ini. Dan bagaimana semua aspirasi dari pekerja yang ada di Bontang bisa dikonsolidasikan dengan Pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja.” Ucapnya.

Sebelumnya, bunda (Re: Sapaan akrab Wali Kota Bontang) juga sempat menyinggung tentang RUU Omnibus Law yang akhir-ahir ini menjadi isu hangat dikalangan pelaku usaha dan pekerja. Menurutnya, pihak Pemerintah Kota Bontang sendiri akan terus menyuarakan suara teman-teman serikat pekerja dan buruh ke pusat melalui koordinasi-koordinasi yang akan dijalankan.

Senada dengan pernyataan wali kota, Fajar Gunawan selaku Ketua Asosiasi Serikat Pekerja/Buruh Bontang (ASPB) menyampaikan bahwa SP di Kota Taman tegas menolak RUU tersebut. Disinggung mengenai potensi gerakan menolak RUU Cipta Lapangan Kerja Omnibus Law, Fajar mengaku tidak menutup kemungkinan.

“Tapi kan kita akan coba amati dengan komunikasi terlebih dahulu, koordinasi dengan serikat-serikat pekerja yang lebih besar lagi.”

Acara deklarasi ini sendiri merupkan bentuk implementasi aspirasi dari Serikat Pekerja di Kota Bontang. Terbentuk sejak Januari 2020, ASPB Bontang bertujuan untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan atara penguasaha dan pekerja. (kmf_fr)

📷 Rose/Kominfo
✍ Rose/Kominfo