Workshop Penyusunan LPPD Dilingkungan Kota Bontang

Workshop penyusunan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) dan pengisian IKK Kota Bontang tahun 2019 diadaakan pada hari ini 17 Februari 2020. Bertempat di Auditorium Taman 3D, acara ini dibuka langsung oleh Wali Kota Bontang yang diwakili oleh sekretaris daerah. Dalam acara tersebut juga termasuk evaluasi dan rekomendasi hasil EKPPD tahun 2019 atas tahun 2018, serta asistensi penyusunan LPPD 2019 dilingkungan Pemerintah Kota Bontang.

Dalam sambutan Wali Kota Bontang Neni Moeniaeni yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Aji Erlynawati, menyampaikan terimakasih pada seluruh tamu undangan dan seluruh perangkat daerah yang telah hadir dalam workshop LPPD yang diselenggarakan.

“karena sesungguhnya output LPPD ini adalah capaian kinerja pemerintah Kota Bontang. Dalam hal ini wali kota dan wakil wali kota, yang merupakan capaian oleh perangkat daerah dalam satu tahun anggaran. Artinya adalah, baik tidaknya kinerja walikota dan wakil wali kota akan sangat bergantung pada kinera perangkat daerah serta kemapuan petugas atau staf yang bertugas mengolah dan menyajikan data yang disampaikan.”

Asisten I Pemkot Bontang M Bahri dalam acara ini juga berkesempatan memberi sambutan langsung dihadapan para peserta. Dalam sambutannya, ia menjelaskan tujuan dan kendala yang selama ini dihadapi dalam penyusunan LPPD. Sasaran utama diselenggarkannya acara tersebut yakni berjalannya penyusunan yang bertanggung jawab dan semakin terampilnya penyusunan LPPD yang berkualitas serta terintegrasi dengan informasi kinerja yang akurat dan akuntabel. Disisi lain ia juga memaparkan bahwa ketersedian dokumen dan sumber daya manusia diakui menjadi kendala tersendiri.

“Beberapa kendala dan permasalahan yang sering dihadapi dalam penyusunan LPPD antara lain, dokumen pendukung tidak ada atau tidak tersedia. Kedua, SDM yang diwaktu bersamaan juga bertugas menyiapkan data LAKIP, LKPJ serta data untuk BPK.” Ucap Bahri.

Dengan demikian, adanya pelaksanaan workshop penyusunan LPPD ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kinerja dalam proses penyusunan dikemudian hari. Hadir sebagai pemateri yaitu Tim Audit Inspektorat Kalimantan Timur Gazali Rachman, yang memberikan materi-materi dasar hingga lanjutan terkait dengan LPPD. Acara workshop penyusunan LPPD ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung salam 2 hari, mulai tanggal 17-18 februari 2020.