Penyampaian Raperda DPRD Kota Bontang Gelar Sidang Paripurna Ke 4

Rapat Paripurna ke 4 Masa Sidang II DPRD di Kota Bontang sudah berlangsung pada Senin 11 Februari 2020 dan diselenggarakan di Gedung DPRD Kota Bontang, rapat ini dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Agus Haris. Rapat tersebut dalam rangka penyampaian 4 Raperda inisiatif Pemerintah Kota Bontang dan 3 Raperda inisiatif DPRD Kota Bontang.

Penyampaian penjelasan raperda Kota Bontang yang berasal dari pemerintah daerah disampaikan oleh Neni Moerniaeni selaku Wali Kota Bontang, didalamnyya mengajukan 4 (empat) rancangan Perda yang telah dimuat dalam program pembentukan daerah 2020. Yang pertama adalah Raperda tentang penyelenggaraan ketertiban umun, ketentraman dan perlindungan masyarakat. Yang kedua Raperda tentang penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan. Ketiga, Raperda tentang pengelolaan barang milik daerah. Dan yang ang keempat, tentang keterbukaan informasi publik daerah.

Sementara 3 Raperda inisiatif disampaikan oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah Bontang. Didalamnya memuat 3 rancangan peraturan daerah. Diantaranya yang pertama adalah, rancangan peraturan daerah Kota Bontang tentang perubahan atas peraturan daerah Kota Bontang No.3 Tahun 2010 tentang sistem penyelenggaraan pendidikan Kota Bontag yang merupakan usulan komisi I. yang kedua, rancangan peraturan daerah Kota Bontang tentang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), yang merupakan usuluan dari komisi III. Dan yang terakhir adalah rancangan peraturan daerah Kota Bontang tentang pengelolaan sampah, yang merupakan usulan dari komisi III.

Dari nota penjelasan yang disampaikan, diharapkan kedepannya raperda yang sudah ada bisa segera menjadi bahan untuk pembahasan antara DPRD dengan tim pembahas dari pemerintah daerah. Sehingga dapat segera direalisasikan pelaksanaannya. (kmf_fr)