Melalui E-Filing, Pemkot Bontang Mencanangkan ASN Bontang Patuh Pajak

Photo by Rusdien

(Bontang, 11 Februari 2020). Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bontang melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPH Orang Pribadi melalui E-Filing.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.OG, melalui Asisten Administrasi Umum Ir. Hj. Sarifah Nurul Hidayati, MM, pada pembukaan acara Pencanangan ASN Bontang Patuh Pajak dan Asistensi E-Filing SPT Tahunan PPH Orang Pribadi Bagi ASN Pemkot Bontang, Selasa (11/2/2020).

“Hari ini saya canangkan bahwa seluruh ASN Pemkot Bontang harus patuh pajak dengan cara melaporkan SPT Tahunan, PPH Orang Pribadi melalui E-Filing. Tidak boleh satu ASN pun tidak lapor SPT,” tegasnya di Auditorium Kantor Wali Kota Bontang, Jl. Moch. Roem, Kelurahan Bontang Lestari.

Pasalnya, pelayanan SPT saat ini telah dipermudah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terkini, yaitu E-Filing. Dimana wajib pajak dapat melaporkan SPT miliknya dimana dan kapan pun secara online, sehingga tidak perlu lagi datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama.

Sementara itu, bagi para ASN baik anggota TNI maupun Polri diwajibkan menyampaikan SPT Tahunan melalui E-Filing, sebagaimana diatur oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dalam surat edaran nomor 8/2015.

Lebih jauh, ia mengajak seluruh masyarakat wajib pajak di Kota Taman untuk melakukan hal yang sama, yakni patuh pajak dan patuh menyampaikan SPT Tahunan.

Untuk diketahui, kegiatan Pencanangan ASN Bontang Patuh Pajak dan Asistensi E-Filing SPT Tahunan PPH Orang Pribadi Bagi ASN Pemkot Bontang terselenggara atas kerja sama dengan KKP Pratama Kota Bontang. Kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Kantor Wali Kota Bontang, Jl. Moch. Roem, Kelurahan Bontang Lestari selama dua hari hingga Rabu (12/2/2020) esok.

Untuk hari pertama, kegiatan ini diikuti Sekretaris Daerah, Sekretariat Dewan, inspektorat Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan.

Sedangkan hari kedua akan diikuti Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kelurahan Bontang Lestari, UPT Puskesmas Bontang Lestari 14, SMPN 6, SDN 004 Bontang Selatan, SDN 007 Bontang Selatan, TK Negeri 2, dan UPT TPA Bontang Lestari.

Sementara, Kepala KPP Pratama Kota Bontang, Windu Kumoro, mengatakan kegiatan ini bertujuan agar seluruh ASN di lingkungan Pemkot Bontang patuh melaporkan SPT Tahunan PPH Orang Pribadi, layaknya pelaporan tahun 2018-2019 yang mencapai 100%. Meliputi kepala daerah, ASN di seluruh OPD, hingga anggota DPRD.

“Yang saya apresiasi, ditahun 2019 kemarin laporannya di akhir Maret. (namun) di tahun 2020 ini dilaporkan di pertengahan Februari, itu luar biasa sekali,” ujarnya.

Kontribusi pembayaran pajak di Kota Taman, diterangkannya, mencapai 1,04 triliun dari penerimaan pajak di KPP Pratama Kota Bontang sebesar 2,95 triliun. “Jadi Kota Bontang itu hebat, dengan  3 kecamatan bisa memberikan kontribusi 1 triliun lebih dibandingkan Kab. Kutai Timur yang ada 18 kecamatan kontribusi pembayarnya 1,9 triliun,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada seluruh wajib pajak untuk segera menghitung pajak yang harus dibayar dan melaporkan SPT Tahunan melalui E-Filing sesegera mungkin tanpa menunggu akhir pelaporan yakni 31 Maret 2020.

Dari pantauan tim liputan PPID, tampak hadir pimpinan unsur Forkopimda Kota Bontang, anggota DPRD Agus Suhadi, Kepala dan Perwakilan OPD. (AG)

PPID Kota Bontang