Pemkot Bontang Pertahankan Predikat B SAKIP

BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang kembali meraih predikat B (baik) dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award tahun 2019. Peringkat itu didapatkan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Pengharaan tersebut diterima oleh Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase di Hotel Inaya Putri Bali, Senin (27/1/2020) lalu.
Predikat “B” SAKIP ini diberikan berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, serta Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
“SAKIP merupakan penilaian implementasi akuntanbilitas kinerja instansi pemerintah yang mencerminkan efisiensi anggaran hasil evaluasi ini guna mendorong peningkatan akuntabilitas kinerja pada tingkat pemerintah daerah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ujar Basri.
Dilanjutkan Basri, penghargaan ini adalah hasil kerjakeras semua perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bontang. “Untuk ke depannya saya sangat berharap agar kita semua berusaha meningkatkan kinerja,” imbuhnya.
Sebagai informasi, Kementerian PAN-RB pada tahun 2019 lalu telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap instansi pemerintah di wilayah kabupaten serta kota meliputi DKI Jakarta, Kalimantan, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

(hms9)