Seminar Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0

(Bontang, 15 Januari 2020). Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memegang peran dalam kesiapan Kota Taman menuju industry 4.0 dan keterbukaan informasi publik. Hal itu dikatakan, Kepala Diskominfo Kota Bontang Drs. Dasuki, M.Si, di Seminar Pendidikan SMA/SMK/MA se-Kota Bontang.

Dikatakannya, saat ini Pemkot Bontang telah melakukan upaya untuk memberi kemudahan akses informasi bagi masyarakat. Salah satunya adalah dengan adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang menyajikan transparasi data yang dapat diakses oleh seluruh elemen masyarakat.

Dijelaskan pula, dari sisi penyelenggaraan e-government atau smart government Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), maturitas Pemkot Bontang berada di poin 3.20 dari 0 sampai 5. Artinya pelaksanaan smart government Kota Taman berada diposisi baik.

“Tinggal nanti kedepannya melanjutkan kebijakan agar semua bisa tetap terintegrasi. Sehingga maturitas 5 bisa kita dapatkan,” Tanggapan Pak Das (red: sapaan akrab Pak Dasuki) saat ditanya tentang posisi Kominfo Bontang dalam industri 4.0.

Kepala Diskominfo Drs. Dasuki, M.Si, hadir dan menjadi salah satu pemateri dalam acara seminar pendidikan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Bontang (HMB) Cabang Makasar. Acara ini mengusung tema “Optimalisasi Peran Generasi Millenial yang Berkarakter, Kritis, Kompetitif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0”. Diadakan di Auditorium Taman 3 Dimensi pada Selasa (14/1/2020) pagi.

Seminar pendidikan yang diselenggarakan bertujuan untuk memberi pandangan dan gambaran tentang bagaimana persaingan kerja didunia industri yang akan datang akan semakin bertambah. Acara ini juga menghadirkan pemateri lain, diantaranya Dr. dr. H. Andi Sofyan Hasdam, Sp.S, Agus Haris, S.H (wakil ketua II DPRD Kota Bontang), dan Drs. Abdul Haris (anggota DPRD). (FR/AG)