Wali Kota Bontang Resmi Melantik Sekda Definitif

(Bontang, 25 November 2019). Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, resmi melantik dan mengambil sumpah Jabatan Ir. Hj. Aji Erlynawati, MT, menggantikan drh. H. Agus Amir, M.Si, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kota Bontang di Pendopo Rujab wali kota, Jl. Awang Long Kelurahan Bontang Baru, Senin (25/11/2019).

Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda ini berlangsung dengan khidmat dihadiri Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, seluruh kepala OPD, pimpinan unsur Forkopimda.

Di kesempatan itu, Wali Kota Neni Wali Kota Neni mengucapkan terima kasih kepada Plt. Sekda sebelumnya drh. H. Agus Amir, M.Si, yang telah berkontribusi membantu jalannya pemerintahan  selama kurang lebih 1,5 tahun.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Plt. Sekda Agus Amir yang sudah ketiga kalinya diperpanjang (Plt. Sekda). Kalau bisa keempat, saya perpanjang yang keempat kali karena saya sangat dibantu oleh pak Agus Amir dalam menjalankan tugasnya sebagai Plt. Sekda,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Pemkot Bontang ini mengungkapkan beberapa pertimbangan yang melandasi terpilihnya Sekda wanita pertama di Kota Bontang tersebut.

Selain masuk dalam tiga besar dalam seleksi Sekda, Wali Kota Neni mengungkapkan bahwa dirinya memiliki kecocokan atau chemistry dengan Sekda terpilih yang juga merangkap Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3).

“3 tahun 8 bulan saya baru punya Sekda definitif. Artinya, saya selama ini bekerja sama dengan siapa pun bisa berjalan dengan baik. Semuanya (calon Sekda) baik tetapi yang paling baik saya merasa yang bisa bekerja sama dengan semua, tapi semuanya (calon Sekda) bisa bekerja sama,” kata Neni.

Dalam menjalan tugas baru sebagai Sekda, Wali Kota Neni berpesan agar segera memparipurnakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang disesuaikan dengan aturan, evaluasi gubernur, serta evaluasi Menteri Dalam Negeri.

Sementara itu, Ir. Hj. Aji Erlynawati, MT, mengutarakan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Ia berharap kedepannya diberikan kesehatan dan kelancaran mengemban amanah dalam mendukung visi dan misi Pemkot Bontang. Terutama, lanjutnya, merampungkan kegiatan-kegiatan yang harus direalisasikan pada akhir 2019 ini.

“Tentu saya akan minta petunjuk, berkoordinasi dengan Sekda sebelumnya. Mudah-mudahan doa teman-teman dan kita semua dimudahkan dan dilancarkan,” imbuhnya.

Terkait penyusunan APBD 2020, ia mengatakan akan berkoordinasi dengan seluruh pihak yang berada di dalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), terkait regulasi terbaru kementerian baik kesehatan maupun pendidikan yang dapat disesuaikan di APBD Kota Bontang khususnya pada APBD Perubahan 2020 mendatang.

Diinformasikan, pengisian JPT Pratama Sekda Kota Bontang dilaksanakan melalui mekanisme seleksi terbuka/ lelang jabatan dan hasilnya telah mendapatkan persetujuan/ rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Adapun empat pejabat lainnya yang mengikuti lelang jabatan JPT Pratama Sekda diantaranya Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Drs. Bambang Cipto Mulyono,  M.Si., Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sony Suwito Adhicahyono, SH. MM., Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Drs. Mohamad Yani, MM., serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) Ir. Tavip Nugroho, MT. (AG)

PPID Kota Bontang