Pemkot Bontang Gelar Peringatan HARGANAS Ke-26, Basri: Momen Mengingatkan Pentingnya Mencintai Keluarga

(Bontang, 20 November 2019). Melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB), Pemerintah Kota Bontang menggelar Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-26, di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, Jl. Awang Long, Bontang Utara, Rabu (20/11/2019) pagi.

Peringatan HARGANAS kali ini mengusung tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Melalui tema dan tagline tersebut diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali  interaksi antar keluarga, dimana salah satunya terwujud dalam “Gerakan Kembali Ke Meja Makan”.

Dari pantauan PPID, kegiatan ini dihadiri Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, Ketua TP-PKK Bontang Hapidah Basri Rase, A.Md. Kep, Kepala BKKBN Provinsi Kaltim, pimpinan unsur Forkopimda, kepala dan perwakilan OPD serta lurah. Selain itu, hadir ratusan undangan dari perwakilan rumah sakit, Kader PPKBK dan sub PPKBK se-Kota Bontang.

Dalam laporan ketua pelaksana, Kepala DPPKB Bahtiar M., S.Sos, M.Kes mengatakan Peringatan HARGANAS ini merupakan momentum yang tepat untuk mengunggah kesadaran masyarakat akan pentingnya peran dan fungsi keluarga sebagai sarana untuk meningkatkan ketahanan keluarga.

Sehingga diharapkan akan tercipta keluarga kecil yang berkualitas untuk menyiapkan kader bangsa ke depan yang lebih baik.

Dijelaskan Bahtiar, kegiatan ini memiliki empat maksud dan tujuan. Diantaranya, pertama meningkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta tentang pentingnya penerapan delapan fungsi keluarga yang meliputi agama, sosial budaya, cinta kasih, pelindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan lingkungan.

Kedua, meningkatkan peran keluarga melalui pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sebagai dasar ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Ketiga, terbentuknya kesiapan keluarga dalam menghadapi permasalahan dan tantangan dalam kehidupan keluarga.

Keempat, menambah gaung HARGANAS agar masyarakat luas mengenal, mengingat dan meresapi arti hari keluarga.

Senada, Wakil Wali Kota Bontang  Basri Rase mengapresiasi penyelenggaraan peringatan HARGANAS Ke-26 tingkat Kota Bontang. Sebab kata Basri, peringatan tersebut menjadi momentum yang sangat strategis untuk mengenang kembali bahwa kita pernah membangun sebuah keluarga dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Tema HARGANAS ke-26, diterangkannya, bermakna bahwa peringatan HARGANAS merupakan momen untuk mengingatkan kembali pentingnya mencintai keluarga serta perencanaan dalam membangun keluarga dengan baik.

Untuk itu,  Basri berharap adanya peringatan HARGANAS ini dapat mendorong keluarga Bontang agar dapat terus meningkatkan ketahanan keluarganya, sehingga mampu melahirkan generasi yang bebas dari persoalan free sex, Narkoba, dan HIV AIDS.

“Sehingga keluarga yang ada di Kota Bontang benar-benar keluarga bahagia sejahtera, yaitu keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah,” sambung Basri.

Lebih jauh, guna mewujudkan keluarga yang dicita-citakan, Basri mengajak peran aktif seluruh pihak dalam hal membangun keluarga dengan konsep pendekatan keluarga yang digunakan meliputi, keluarga berkumpul yakni meluangkan waktu tanpa disibukkan dengan gawai baik gadget, televisi maupun alat elektronik lainnya.

Selanjutnya, keluarga berinteraksi dengan meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkerama, serta saling tukar pengalaman dengan komunikasi yang berkualitas.

Kemudian, keluarga berdaya adalah keluarga yang mampu memanfaatkan potensi yang dimilikinya untuk membuat diri dan keluarganya tidak bergantung pada pihak lain.

Terakhir adalah keluarga peduli dan berbagi, yaitu keluarga yang mampu dan lebih beruntung mempunyai kepedulian dan keinginan untuk berbagi dan menolong orang lain.

“Saya mengimbau, tingkatkan terus kerja sama dan koordinasi, bekerja dalam keterpaduan untuk mencapai satu tujuan dan cita-cita bersama. Khususnya dalam rangka mewujudkan masyarakat Bontang menjadi keluarga kecil bahagia dan sejahtera yang terhindar dari Triad KRR, yaitu bahaya Narkoba, sex bebas dan HIV Aids,” imbuhnya.

“Dirgahayu Hari Keluarga Nasional ke-26 tingkat Kota Bontang,” tutup Basri.

Diinformasikan, Peringatan HARGANAS merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.

Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni.

Mengawali Peringatan HARGANAS ke-26 tingkat Kota Bontang tersebut, DPPKB telah melaksanakan berbagai kegiatan baik lomba maupun pemberdayaan masyarakat.

Diantaranya, lomba IMP berprestasi, lomba BKB terbaik, lomba PLKB/PKB berprestasi, lomba UPPKS terbaik, lomba bina keluarga Lansia, lomba bina keluarga remaja, lomba pasangan KB Lestari kategori 15 dan 20 tahun, lomba Kampung KB terbaik, lomba Faskes KB Pemerintah dan  Swasta, lomba Bidan Praktik Mandiri, dan lomba PIK R Jalur Masyarakat dan Pendidikan.

Adapun juara umum KB dalam peringatan HARGANAS ke-26 tingkat Kota Bontang adalah Kecamatan Bontang Utara. (AG)

PPID Kota Bontang