Wawali Hadiri Acara Adat Budaya Bebalai Kutai (Basri: Kita Harus Komitmen Majukan Pariwisata)

(Bontang, 15 Oktober 2019)  Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase hadir pada acara Adat Budaya Bebalai yang digelar di Kampung Nyerakat, RT 08, Kelurahan Bontang Lestari, Selasa (15/10/2019).

Bagi warga Kampung Nyerakat, Kelurahan Bontang Lestari, Bebalai adalah tradisi Kutai yang sudah digelar secara turun temurun. Biasanya digelar setahun sekali di antara Oktober dan November oleh seluruh warga kampung.
Budaya ini digelar sebagai wujud syukur masyarakat Kota Bontang, khususnya Kelurahan Bontang Lestari kepada sang Maha Kuasa serta doa meminta perlindungan agar terhindar dari mara bahaya.

Sama seperti dua budaya yang sudah dikenal masyarakat, yaitu Pelas Benua dan Pesta Laut, masyarakat pun diajak untuk menjaga dan melestarikan adat budaya Bebalai Kutai. Ritual ini disebut menjadi satu di antara budaya bangsa di Kota Taman yang dapat menjadi bukti Bontang sebagai pusat pendidikan budaya. Budaya Bebalai juga memiliki potensi wisata yang baik dikenal semua daerah.
Dalam sambutannya Basri mengaku bangga Kota Bontang khususnya Nyerakat memiliki kearifan lokal yang luar biasa. Salah satunya adalah potensi budaya Bebalai ini.

“Adat budaya ini sudah dimasukkan ke dalam kalender budaya Bontang. Karena pemerintah daerah diminta untuk menggali sebanyak-banyaknya potensi budaya untuk promosi daerah. Hari ini saya merasakan kebersamaan bersama masyarakat Nyerakat,” kata Basri.
Basri berpesan kepada warga khususnya generasi penerus, agar terus melestarikan budaya lokal. Hal ini tentu berkaitan dengan peningkatan potensi wisata di Bontang Lestari. “Mulai dari sekarang kita harus berkomitmen memajukan pariwisata dengan mengolaborasikannya dengan potensi budaya. Jika ramai wisatawan datang ke Nyerakat, tentu dampak ekonominya juga untuk masyarakat lokal,” tukasnya.
Dalam ritual ini, Basri Rase hadir bersama Kepala Bidang Pariwisata Dispopar Bontang Ramli Mansurina, perwakilan dari Kodim 0908/Bontang, dan Perwakilan Polres Bontang. (hms9)

FG. Aad / humas
Reporter. Rachman W / humas