Lomba KIP Tingkat Kota Bontang, Kecamatan Bontang Selatan Raih Juara Pertama

(Bontang, 14 Oktober 2019). Penyelenggaraan keterbukaan informasi publik bukan hal baru di Kota Bontang, sederet prestasi pun telah diraih di tingkat Provinsi Kaltim. Dari peringkat 4 yang diperoleh tahun 2015, setahun berikutnya Pemkot Bontang mampu meraih peringkat satu secara berturut-turut di 2016 dan 2017, dan turun satu tingkat di peringkat kedua dalam ajang yang sama di 2018.

Seolah tak puas dengan sederet prestasi tersebut, Pemkot Bontang melakukan sebuah gebrakan guna meningkatkan partisipasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kelurahan dalam menjalankan amanat UU nomor 14/2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Di 2019 ini, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama menyelenggarakan lomba Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bagi PPID Pembantu di seluruh OPD dan kelurahan di lingkungan Pemkot Bontang.

Dengan digelarnya kegiatan tersebut, menjadikan Kota Bontang sebagai kabupaten/kota pertama di provinsi Kaltim yang menggelar lomba KIP. Tercatat sebanyak 45 PPID pembantu dari OPD dan kelurahan mengikuti lomba KIP 2019.

Proses penjurian lomba KIP 2019 ini, tim penilai dari PPID Utama tidak bekerja sendiri, namun menggandeng Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltim sehingga lomba ini terjamin kredibilitasnya.

Adapun yang menjadi penilaian diantaranya website, konten informasi publik wajib berkala, penilaian self assessment quisioner, hasil visitasi verifikasi, dan hasil uji publik dengan tim penilai.

Hasilnya, berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Bontang nomor 188.45/416/Diskominfo/2019 tentang pemenang lomba PPID Pembantu di lingkungan Pemkot Bontang tahun 2019.

Menetapkan PPID Pembantu Kecamatan Bontang Selatan meraih juara 1 dengan nilai 97,84, selanjutnya juara 2 diraih Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dengan nilai 95,7, sedangkan juara 3 diraih Kelurahan Bontang Baru dengan nilai 83,97.

Keputusan ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, serta di tandatangani langsung oleh Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og,

Atas prestasi itu, pemenang lomba KIP 2019 berhak memboyong penghargaan dan uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah untuk juara 1, 3 juta rupiah untuk juara 2, dan 2 juta rupiah untuk juara 3.

Lomba KIP ini akan menjadi agenda tahunan Pemkot Bontang, dimana pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan akan diserahkan setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bontang. (AG)

PPID Kota Bontang