DPPKB Gelar Sosialisasi Dan Desk Data Instrumen Raperda Pengarusutamaan Gender

(Bontang, 07 Oktober 2019) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bontang mengelar Sosialisasi dan Desk Data Instrumen Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan di Kota Bontang, di ruang rapat Bapelitbang, Senin (7/10) Pagi.

Dalam sambutannya, mewakili Wali Kota Bontang, Kepala Dinas PPKB Bontang Bahtiar Mabe menyatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi mengenai Pengarus Utamaan Gender (PUG).

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, nantinya tidak ada lagi isntansi atau OPD yang beranggapan bahwa kesetaraan gender hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Dinas PPKB saja.

“Selama ini ada istilah kesetaraan gender namun jika melihat data kesetaraan gender ini belum terealisasi, masih terjadi kesenjangan gender,” terangnya.

Kata dia, dengan adanya persamaan persepsi tentang Pengarus Utamaan Gender maka diharapkan kesenjangan gender bisa diatasi.

Namun, menurutnya Pengarus Utamaan Gender di Kota Bontang tidak bisa hanya dibebankan kepada Dinas PPKB saja. Namun dibutuhkan kerjasama lintas OPD atau instansi terkait.

“Harus dengan dukungan dari semua pihak tentunya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, berdasarkan daftar absensi yang dijalankan menurut pantauan ada sekitar 50 peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Pada kegiatan ini Dinas PPKB menghadirkan dr. Indra Kertati, M.si dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (LPPSP) sebagai narasumber. (*/Rere).

PPID Kota Bontang