Bersama Pemkot Bontang, PT. PLN Gelar Apel Siaga dan Gelar Pasukan Jelang Musim Penghujan

(Bontang, 7 Oktober 2019). Mengantisipasi gangguan aliran listrik akibat musim penghujan, PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bontang bersama Pemkot Bontang dan stakeholders lainnya menggelar apel siaga dan gelar pasukan, di area parkir Stadion Bessai Berinta (Lang-Lang), Senin (7/10/2019) pagi.

Dari sambutan PLH Manager UP3 Bontang yang dibacakan pembina apel Nur Hidayat, diketahui bahwa apel siaga dan gelar pasukan ini dimaksudkan untuk memantapkan koordinasi antar petugas instansi terkait, penyedia jasa pelayanan teknik, maupun seluruh mitra yang terlibat langsung dalam upaya pengamanan sistem kelistrikan di lingkungan kerja UP3 Bontang agar berjalan dengan lancar.

PLN UP3 Bontang membuka 6 posko siaga musim penghujan, menyiapkan 37 petugas diluar petugas pelayanan gangguan, 4 unit gardu bergerak, 2 unit UPS, 1 unit kubikel kabel bergerak, 1 unit kabel bergerak, serta 6 unit genset backup guna mendukung kelancaran pasokan listrik selama musim penghujan 2019 ini.

Kepada peserta apel, Nur Hidayat menyampaikan himbauan agar tetap mengedepankan kesabaran dalam memberikan pelayanan, menghindarkan diri dari perbuatan arogan, dan perilaku tidak terpuji selama melaksanakan tugas. “Dengan sikap PS 4 (perilaku sikap, senyum, sapa, dan salam),” baca Nur Hidayat.

Di samping itu, ia meminta kepada seluruh manager bagian, manager ULP, serta petugas lapangan agar memberikan pengawasan serius terhadap keselamatan kerja serta  mengantisipasi agar tidak terjadi masalah saat melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

“Satu hal penting lainnya adalah para petugas kiranya secara intensif memberikan sosialisasi serta informasi yang memadai kepada masyarakat terkait risiko, dan pengamanan aliran listrik selama musim penghujan. Secara internal sesama petugas harus saling meningkatkan komunikasi yang harmonis untuk memperlancar tugas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara, mewakili Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, Asisten Administrasi Pemerintahan Drs. HM. Bahri, M.Ap, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan apel siaga dan gelar pasukan tersebut. Sebab, kegiatan ini memiliki tujuan agar semua pihak siap siaga menghadapi cuaca ekstrem akibat musim penghujan.

Juga sebagai bentuk sinergitas semua unsur untuk menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi. Mengingat fenomena cuaca ekstrem berpotensi menimbulkan gangguan, menghancurkan tatanan kehidupan sosial atau bahkan menimbulkan korban jiwa.

“Untuk itu, tentu kita semua diharapkan agar bersiap siaga, sehingga apabila terjadi gangguan-gangguan dapat dengan cepat diatasi,” tutur Bahri.

Lebih lanjut, Bahri mengharapkan seluruh personel dapat bekerja sama secara harmonis dengan instansi serta elemen masyarakat menghadapi situasi yang ada. “Dengan adanya koordinasi dan komunikasi yang baik dengan semua pihak diharapkan kegiatan di lapangan bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya. (AG)

PPID Kota Bontang