Pemkot Bontang Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

(Bontang, 1 Oktober 2019). Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap 1 Oktober, Pemerintah Kota Bontang menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”, Selasa (1/10/2019). Di kesempatan ini, Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, bertindak sebagai inspektur upacara.

Adapun peserta upacara diikuti ASN di lingkup Pemkot Bontang, jajaran TNI/Polri, perwakilan Ormas, mahasiswa, hingga pelajar.

Upacara yang berlangsung di halaman kantor Wali Kota Bontang, jl. Moch Roem, Kelurahan Bontang Lestari tersebut dilaksanakan penuh khidmat. Meskipun gerimis saat upacara tengah berlangsung, upacara tetap dilaksanakan hingga selesai pukul 09.00 WITA.

Selain itu, pada upacara Hari Kesaktian Pancasila 2019 ini sedikit berbeda dengan upacara di tahun sebelumnya. Kali ini, Ketua DPRD Kota Bontang Andi Faizal didaulat membacakan naskah ikrar kesetiaan kepada Pancasila.

Berikut bunyi Ikrar tersebut:

 IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

 bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

 bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

 bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

 maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 Jakarta, 1 Oktober 2019

Atas Nama Bangsa Indonesia

Ketua DPR RI

Bambang Soesatyo, SE, M.BA

Sementara itu, ditemui usai upacara, Wali Kota Neni menuturkan bahwa Pancasila merupakan salah satu konsensus dasar negara selain UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Tentunya, lanjut Neni, Pancasila menjadi pedoman dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara, menguatkan karakter bangsa untuk menjadi SDM yang maju dan bahagia.

“Jadi memperingati hari Kesaktian Pancasila sebagai bentuk bahwa Pancasila itu sudah final,” tegas Neni.

Untuk itu, ia menekankan dan mengajak seluruh warga Kota Bontang agar menjunjung tinggi persatuan diatas perbedaan, serta membangun toleransi dan harmoni dalam membangun kota yang kita cintai bersama.

Dari pantauan tim liputan PPID, upacara dihadiri para Kepala OPD dan lurah, unsur Forkopimda diantaranya Kapolres Bontang, Kepala Kajari, Kodim 0908 Bontang, pimpinan Ormas, Den Arhanud Rudal 002, pimpinan Ormas. (AG)

 PPID Kota Bontang