MTQ ke-15 Tingkat Kota Bontang resmi digelar, Walikota serukan agar MTQ menjadi momentum membumikan Alqur’an

(Bontang, 30 September 2019). Senin (30/9) malam, bertempat di lapangan HOP 1 Komplek PT Badak, Pemerintah Kota Bontang resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-15 tingkat kota. Asisten Administrasi Pembangunan Ir. Zulkfili, M.T. selaku ketua panitia berharap, MTQ ke-15 dapat meningkatkan kesadaran masyarakat membaca alquran, serta mampu membaca alquran dengan benar sesuai ilmu tajwid. Selain itu Zulkifli berharap MTQ juga menjadi syiar agama islam di Kota Bontang.

“Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan MTQ ke-15 agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat membaca alquran, serta mampu membaca alquran dengan benar sesuai ilmu tajwid,” terang Zulkifli dalam paparannya.

Menyambung laporan ketua panitia, Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og. mengingatkan bahwa MTQ bukan sekadar seremonial saja, namun momentum untuk membumikan alquran.

“Bunda ingin MTQ bukan sekadar seremonial, tapi juga menjadi momentum membumikan alquran,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Neni mengajak seluruh warga Bontang, khususnya yang hadir dan mengikuti MTQ mampu menyambung silaturahim. Menurutnya, umat Islam secara khusus, semestinya mampu menyikapi perbedaan suku dan agama sebagai ajang saling menyayangi.

Nantinya rangkaian kegiatan MTQ akan dibagi ke dalam 7 hari, mulai dari Senin (30/9) hingga Minggu (6/10). Tercatat peserta yang terdaftar dalam MTQ ini sebanyak 303 orang. Mereka akan berkompetisi di enam arena yang telah disiapkan, yakni Lapangan HOP 1, Aula Dispopar, Auditorium 3d, Gedung Baitul Quran, Gedung Kemenag bontang.

Sejak 2018, prestasi Bontang pada MTQ Provinsi terus meningkat. Tahun 2018 Bontang menduduki peringkat 5, dan di 2019 mengalami peningkatan menjadi peringkat 4. Pemkot Bongang menargetkan umum menjadi target Bontang di tahun 2020 mendatang. Terlebih pada MTQ Provinsi ke-42 tahun 2020, Bontang akan menjadi tuan rumah. Maka wajar, melalui lisan Wali Kota Neni maupun Asisten II Zulkifli, keduanya berharap semangat perwakilan Bontang dapat terus ditingkatkan, sehingga juara umum akan semakin mudah diraih.

Dari pantauan tim liputan PPID, tampak hadir dalam pembukaan ini Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, Wakil Ketua DPRD, Kepala Kemenag Bontang, Kepala Baznas Bontang, para Kepala OPD, Ketua MUI Bontang, Unsur Forkopimda, serta perwakilan perusahaan dan perbankan di Bontang. (AF/AG).

(klik Dokumentasi Fhoto Selengkapnya)

PPID Kota Bontang