Masuk Nominasi Apresiasi Pokdarwis Tingkat Nasional 2019, Tim Juri Kunjungi Pokdarwis Kuala Abadi Kota Bontang

(Bontang, 27 Agustus 2019). Keseriusan Pemkot Bontang melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) mendukung pariwisata berbasis masyarakat patut diapresiasi.

Terbukti, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kuala Abadi berhasil lolos pada tahap seleksi administrasi dalam Apresiasi Pokdarwis Tingkat Nasional 2019.

Atas keberhasilan itu, tim juri yang terdiri dari Kementerian Pariwisata dan tim independen bersama Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim melakukan tahapan berikutnya, yakni peninjauan lapangan guna melihat langsung kondisi faktual di Pokdarwis Kuala Abadi.

Peninjauan ini dihadiri langsung Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, didampingi Asisten Administrasi Pembangunan, Kepala Dinas Dispopar Kota Bontang, Lurah Bontang Kuala, dan Ketua Pokdarwis Kuala Abadi, di Tourist Information Center (lapangan parkir Bontang Kuala), Selasa (27/8/2019) pagi.

Di kesempatan itu, Wali Kota Bontang mengaku bersyukur dan mengapresiasi keberhasilan Pokdarwis Kuala Abadi masuk dalam nominasi tingkat nasional.

Neni menuturkan bahwa Pemkot Bontang komitmen dalam mengembangkan sektor pariwisata khususnya maritim mengingat 70 persen wilayah Kota Bontang merupakan lautan. Ia menilai menguatkan sektor pariwisata dapat menopang ekonomi Kota Bontang dari sektor minyak dan gas bumi (migas) yang lambat laun akan habis.

“Pariwisata sangat membantu ekonomi makro (migas), oleh karena itu kami di Pemkot Bontang sangat komitmen (pariwisata) karena Bontang bukan kota kaya. Kalau kita menguatkan salah satunya industri pariwisata, tentu kita ingin bahwa Kota Bontang adalah kota yang sustainable, liveable yang nyaman dan berkelanjutan,” tutur Neni

Lebih jauh, Neni menghimbau agar menggalakkan branding Kota Bontang sebagai Amazing Khatulistiwa Bontang JAGO (Juara Aktif Global Optimis) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Sehingga diharapkan dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berwisata di Kota Bontang.

“Mudah-mudahan Pokdarwis Kuala Abadi menjadi yang terbaik,” pungkasnya.

Sementara itu, mewakili Kementerian Pariwisata, Rofi Hermawan mengatakan pariwisata saat ini merupakan salah satu sektor prioritas pembangunan nasional. Pariwisata dinilai sebagai sektor yang mudah dan murah untuk dikembangkan dibandingkan sektor-sektor lainnya yang mampu menyejahterakan masyarakat.

Sehingga dalam pengembangannya, andil masyarakat pun turut dibutuhkan dengan meningkatkan pemahaman tentang sadar wisata. Sebagai partisipasi dan dukungan mewujudkan iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan pariwisata.

“Pokdarwis sebagai unjung tobak pariwisata berperan penting dalam menciptakan lingkungan kondusif diwilayahnya. Selain memperkuat eksistensi, Pokdarwis diharapkan dapat ikut serta memperkuat kapasitas masyarakat sekitar dalam menghadapi dinamika perkembangan kepariwisataan, sehingga dapat mengambil manfaat dari kegiatan kepariwisataan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Rofi Hermawan menjelaskan kegiatan Apresiasi Pokdarwis memiliki dua tujuan, yakni pertama memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kelompok sadar wisata sebagai penggerak atau motivator masyarakat dalam mewujudkan Sapta Pesona.

Sedangkan, kedua mendorong Pokdarwis untuk meningkatkan kualitas peran dan kapasitasnya dalam mendorong masyarakat untuk mengambil manfaat kegiatan kepariwisataan sebagai pelaku usaha pariwisata.

Penilaian Apresiasi Pokdarwis, lanjutnya, dilakukan dua tahap meliputi tahap seleksi administrasi terhadap 58 Pokdarwis dari 23 provinsi hingga diputuskan 21 nominasi dari 15 provinsi, dan dilanjutkan tahap peninjauan lapangan.

Terpisah, Kepala Dispopar Kota Bontang Drs. Bambang Cipto Mulyono, M.Si optimis Pokdarwis Kuala Abadi dapat menjadi yang terbaik pada ajang Apresiasi Pokdarwis Tingkat Nasional 2019. Terlebih, Pokdarwis di wilayah Kelurahan Bontang Kuala ini dapat menggerakkan masyarakat untuk menjalankan Sapta Pesona.

“Pokdarwis Kuala Abadi ini mereka bisa lebih menggerakkan masyarakat untuk menjalankan Sapta Pesona, apa lagi Bontang Kuala merupakan salah satu Ikon Pariwisata kita yang memiliki daya tarik tersendiri untuk selalu dikunjungi dan semoga Pokdarwis Kuala Abadi bisa menjadi Juara di Tingkat Nasional nantinya,” kata Bambang Cipto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/8/2019). (AG)

PPID Kota Bontang