Wali Kota Resmikan Klinik Laktasi dan Bank Darah RSUD Taman Husada Kota Bontang

(Bontang, 19 Agustus 2019). Bertepatan Pekan ASI Sedunia. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Kota Bontang meresmikan Klinik Laktasi dan Bank Darah dirangkai seminar kesehatan bertema “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui”.

Peresmian tersebut dilakukan langsung Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, didampingi Direktur RSUD beserta jajaran, Camat Bontang Barat, Lurah Gunung Telihan, Senin (19/8/2019) pagi.

Klinik Laktasi ini akan melayani pasien pada jam kerja reguler setiap Selasa dan Rabu ditunjang ruang Pojok Laktasi lengkap dengan berbagai fasilitas. Seperti kursi ibu menyusui, meja, dan kasur bayi.

Di kesempatan itu, Wali Kota Bontang menyampaikan apresiasi atas inovasi yang diresmikan tersebut. Sebab, kehadiran Klinik Laktasi akan menguatkan predikat layak anak di RSUD Taman Husada, sehingga pelayanan maksimal terhadap ibu menyusui dapat berjalan dengan baik.

Neni berharap kehadiran Klinik Laktasi tersebut dapat mengedukasi serta memberikan informasi kepada para ibu menyusui terkait ASI dan merawat payudara. “Kalau ibunya sehat, ASI-nya bagus, asupan gizi bagus, itu nanti bisa menumbuh kembangkan anak-anak kita menjadi anak sehat,” kata Neni.

Tak lupa, ia mengajak para ibu menyusui agar senantiasa memberikan ASI eksklusif terutama di usia enam bulan pertama kelahiran dan sesudahnya hingga dua tahun. “ASI eksklusif itu diberikan oleh seorang ibu kepada anaknya tidak boleh disertai dengan susu formula lainnya. Apalagi kita ingin bahwa anak kita yang merupakan generasi emas dan berkualitas betul-betul menjadi generasi yang sehat,” lanjutnya.

Di samping itu, Neni Moerniaeni yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Bontang mengatakan kehadiran Bank Darah merupakan hal yang penting, karena dapat mempermudah masyarakat yang ingin memperoleh transfusi darah.

Oleh karena itu, ia pun menghimbau kepada masyarakat yang dinyatakan sehat untuk mendonorkan darahnya sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama manusia. “Karena satu tetes darah sangat membantu nyawa seorang pasien,” sambung Neni.

“Dengan mengucapkan Basmalah, Klinik Laktasi dan Bank Darah RSUD Taman Husada Kota Bontang sama-sama kita buka,” tutup Neni.

Sementara, Direktur RSUD Taman Husada dr. I Gusti Made Suardika, Sp. A, MPH, mengatakan kehadiran Klinik Laktasi didasari oleh keprihatinan akibat banyaknya ibu menyusui yang mengganti ASI dengan susu formula.

Klinik Laktasi dengan dua orang dokter konsultan ini diharapkan dapat menyelesaikan kesulitan para ibu menyusui dalam memberikan ASI. “Kita komitmen bersama. Di samping ibu, ayah dan keluarga harus siap mendukung memberikan ASI,” ujarnya.

Usai peresmian, Wali Kota bersama jajaran RSUD Taman Husada berkeliling melihat langsung bentuk pelayanan dan fasilitas di Klinik Laktasi, Pojok Laktasi dan Bank Darah. Selain itu, rombongan turut meninjau progres pembangunan ruang Hemodialisa. (AG)

PPID Kota Bontang