Upacara Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kota Bontang Berlangsung Lancar dan Khidmat

(Bontang, 17 Agustus 2019). Pemerintah Kota Bontang menggelar upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara dipimpin langsung Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, di Stadion Taman Prestasi, Bontang Lestari, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Upacara HUT RI yang bertema “SDM Unggul Indonesia Maju” tersebut diikuti ratusan peserta dari perwakilan OPD di lingkungan Pemkot Bontang, TNI, Polri, perwakilan perusahaan, perwakilan Ormas, dan puluhan pelajar. Sementara, komandan upacara diamanahkan kepada Lettu. Arh. Syaifullah Ahmad.

Selain itu, hadir pula Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, Plt. Sekda drh. H. Agus Amir, M.Si, mantan Wali Kota Bontang dr. H. Andi Sofyan Hasdam, Sp.S, dan Ir. H. Adi Darma, M.Si, pimpinan unsur Forkopimda Kota Bontang, seluruh anggota DPRD Kota Bontang, Ketua TP-PKK Kota Bontang Hapidah Basri Rase, dan ratusan tamu undangan.

Dari pantauan liputan PPID, rangkaian upacara HUT RI berjalan lancar dan khidmat. Diawali dengan penampilan paduan suara bertajuk Gita Bahana Nusantara dari gabungan siswa dan siswi SMP di Kota Bontang.

Selanjutnya, tepat pukul 10.00 WITA sirene panjang berbunyi selama satu menit sebagai pertanda peringatan detik-detik proklamasi, diikuti dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Bontang Drs. H. Nursalam.

Usai itu, upacara dilanjutkan pengibaran sang saka merah putih oleh 41 Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka).

Lepas rangkaian upacara HUT RI ke-74 rampung, peserta dan para tamu undangan dihibur dengan drama kolosal kebangsaan persembahan dari Kodim 0908 Bontang berjudul Inspirasi Perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Tujuannya, untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, penghormatan kepada para pahlawan, serta meningkatkan semangat dan harapan untuk masa depan.

Drama kolosal ini melibatkan 350 orang yang terdiri dari prajurit Dandim, Persit Chandra Kirana Kodim 0908 Bontang beserta keluarga, berbagai komunitas, warga, serta siswa siswi SMA dan SMK se-Kota Bontang.

Sebelumnya, rangkaian upacara HUT RI dimulai pukul 07.00 WITA dilaksanakan upacara penetapan Komandan Paskibraka dan penetapan Pasukan Pengibar Bendera Sang Merah Putih di Kantor Wali Kota Bontang. Dilanjutkan upacara penyerahan bendera merah putih dari Wali Bontang tim Paskibraka.

Di hari yang sama, upacara penurunan bendera akan digelar mulai pukul 15.00 WITA di Stadion Taman Prestasi. Nantinya rangkaian upacara HUT RI ke-74 ini pun akan diakhiri dengan penyerahan bendera merah putih dari Paskibraka ke Wali Kota Bontang, di halaman kantor wali kota, Bontang Lestari. (AG)

PPID Kota Bontang