Wali Kota Pimpin Upacara Pemberian Remisi Umum Lapas Kelas III Bontang

(Bontang, 16 Agustus 2019). Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, memimpin Upacara Pemberian Remisi Umum (RU) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kota Bontang, Jumat (16/8/2019) pagi.

Pengurangan pidana umum bagi para narapidana dan anak narapidana ini gelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam sambutan tertulis Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yosonna H. Laoly yang dibacakan Wali Kota Bontang mengatakan bahwa rasa syukur dalam memperingati hari kemerdekaan merupakan milik segenap lapisan masyarakat termasuk warga binaan pemasyarakatan.

Sebab pada hari ini sebagaimana tahun sebelumnya, baca Neni, berdasarkan PP nomor 99/2012 dan Keputusan Presiden RI nomor 174/1999 tentang remisi, menyebut bahwa warga binaan pemasyarakatan akan diberikan remisi.

“Remisi diberikan bagi narapidana dan anak yang untuk sementara harus menjalani pidana di LP atau lembaga pembinaan khusus anak maupun rumah tahanan negara,” lanjut Neni.

Menkumham menekankan, remisi seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan saja. Namun dimaknai lebih dari itu, bahwa remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku.

Juga memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan usaha dalam rangka membangun perekonomian nasional.

“Melalui pemberian remisi ini diharapkan seluruh warga binaan pemasyarakatan agar selalu taat dan patuh terhadap hukum/norma yang ada sebagai bentuk tanggung jawab baik kepada tuhan maha pencipta maupun sesama manusia,” ucap Neni.

Usai pembacaan sambutan, rangkaian acara dilanjutkan pemberian surat remisi serta tali asih secara simbolis oleh Wali Kota Bontang didampingi Wakil Wali Kota Bontang, Kepala Lapas Kelas III Bontang dan pimpinan unsur Forkopimda kepada 10 perwakilan warga binaan pemasyarakatan penerima remisi.

Total, sebanyak 775 warga binaan pemasyarakatan mendapatkan remisi pada Hut RI ke-74 ini dengan besaran pengurangan masa tahanan bervariasi dari satu hingga enam bulan.

Hal itu, berdasarkan Keputusan Menkumham nomor: PAS-963.PK.01.01.02 tahun 2019 tentang pemberian remisi umum tahun 2019 kepada narapidana terkait pasal 34 Peraturan Pemerintah (PP) nomor 99/2012.

Tampak hadir Asisten Administrasi Pemerintahan, Asisten Administrasi Pembangunan, kepala dan perwakilan OPD lingkup Pemkot Bontang, dan Ketua KPU. (AG)

(Klik Dokumentasi Fhoto selengkapnya)

PPID Kota Bontang