Pengambilan Sumpah Janji Anggota DPRD Masa Jabatan 2019-2024

(Bontang, 15 Agustus 2019). Sebanyak 25 anggota DPRD kota Bontang terpilih hasil Pemilu 2019 mengikuti rangkaian acara pengambilan sumpah/janji, Kamis (15/8/2019).

Prosesi tersebut digelar melalui rapat paripurna istimewa dalam rangka pengucapan sumpah/janji anggota DPRD masa jabatan 2019-2024, di ruang rapat paripurna Sekretariat DPRD Kota Bontang, Jl. Bessai Berinta, Bontang Lestari.

Rapat paripurna ini dihadiri Wali Kota Bontang dr. Neni Moerniaeni, Sp.Og, Wakil Wali Kota Basri Rase, Plt. Sekda Kota Bontang dr. H. Agus Amir, M.Si, seluruh Asisten, staf ahli, dan kepala serta perwakilan OPD di lingkungan Pemkot Bontang.

Selain itu, turut hadir mantan Wali Kota Bontang dr. H. Andi Sofyan Hasdam, Sp.S, Ketua TP-PKK Kota Bontang Hapidah Basri Rase, A.Md.Kep, seluruh unsur Forkopimda Kota Bontang, pimpinan partai politik, Ormas, tamu undangan, dan tokoh masyarakat.

Dari pantauan tim liputan PPID, dari pukul 09.00 WITA seluruh wakil rakyat terpilih terlihat memasuki ruang rapat paripurna.

Pengambilan sumpah/janji para wakil rakyat dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Timur nomor 171.3.2/8/B.PPOD.III/2019 tertanggal 9 Agustus 2019 tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD Kota Bontang oleh Sekretaris DPRD H. Lukman, S.S, M.Si.

Usai itu, rangkaian acara tiba pada puncak prosesi yakni pembacaan sumpah/janji anggota DPRD yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Bontang, dilanjutkan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji.

Prosesi itu pun berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan pembacaan pakta integritas yang diikuti seluruh anggota DPRD Kota Bontang periode 2019-2024.

Selain pengambilan sumpah/janji, rapat paripurna istimewa ini juga menetapkan ketua dan wakil ketua DPRD Kota Bontang sementara berdasarkan perolehan jumlah kursi partai terbanyak.

Ketua dinobatkan kepada Drs. H. Nursalam dari Partai Golongan Karya dan Junaidi dari Partai Kebangkitan Bangsa sebagai wakil ketua.

Sementara itu, Gubernur Kaltim DR. Ir. H. Isran Noor, M.Si, melalui Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og, menyambut baik dan mengucapkan selamat atas pengambilan sumpah/janji tersebut. Gubernur berharap anggota DPRD tersebut dapat mengemban amanah rakyat dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

Gubernur menekankan tugas wakil rakyat dimasa depan akan semakin berat. Karena itu, ia mengingatkan kembali tugas dan fungsi DPRD sebagai legislasi, anggaran, dan pengawasan.

“Dengan memahami ketiga fungsi tersebut, maka saya berharap hubungan dan kerja sama pemerintah dan lembaga wakil rakyat dapat terjalin dengan baik, saling sinergis dan saling memahami, karena peran tanggung jawab serta kedudukannya setara,” lanjutnya.

Namun demikian, lanjut Neni, Gubernur menghimbau agar tidak menonjolkan ego dan kemampuan masing-masing sehingga pemerintah dan DPRD dapat saling mendukung untuk bekerja sama dalam membangun daerah serta kesejahteraan rakyat.

“Saya berharap agar seluruh kegiatan dan program kerja DPRD dengan pemerintah dapat terlaksana dengan baik terutama dalam pembuatan peraturan daerah, melakukan persetujuan dan penandatanganan mengenai proses pindah tangan dari aset-aset milik daerah, melaksanakan pengoperasian dan penyerapan anggaran daerah, kemudian menghimpun dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat serta melakukan tugas dan wewenang lain yang diatur dalam undang-undang,” ujar Neni.

Mengakhiri sambutannya, Neni pun membacakan dua pantun yang dititipkan oleh Gubernur Kaltim. Pertama “pagi-pagi mencuci beras, masak nasi dibungkus kertas, wakil rakyat siap bekerja keras, dapat pahala kalau hatinya ikhlas,”

Kemudian pantun kedua “duduk dibatu jangan melamun, hati-hati ada ulat bulu menyengat, mari bersatu kita membangun, agar Kaltim maju dan berdaulat,” baca Neni disambut riuh tepuk tangan hadirin rapat paripurna.

Berikut 25 nama anggota DPRD Kota Bontang masa jabatan 2019-2024:

  1. H. Nursalam. (Partai Golongan Karya)
  2. Yassier Arafat, S.Sos. (Partai Golongan Karya)
  3. Muslimin. (Partai Golongan Karya)
  4. Andi Faizal Sofyan Hasdam. (Partai Golongan Karya)
  5. Rustam, SE, MM. (Partai Golongan Karya)
  6. Amir Tosina. (Partai Gerakan Indonesia Raya)
  7. Etha Rimba Pembonan, M.BA. (Partai Gerakan Indonesia Raya)
  8. Agus Haris, SH. (Partai Gerakan Indonesia Raya)
  9. Abdul Haris. (Partai Kebangkitan Bangsa)
  10. Sitti Yara. (Partai Gerakan Indonesia Raya)
  11. (Partai Gerakan Indonesia Raya)
  12. Suharno. (Partai Keadilan Sejahtera)
  13. Abdul Malik. (Partai Keadilan Sejahtera)
  14. Ma’ruf Effendi, A.Md. (Partai Keadilan Sejahtera)
  15. Ridwan, SE. (Partai Amanat Nasional)
  16. Muhammad Irfan, ST. (Partai Amanat Nasional)
  17. Sumaryono. (Partai Persatuan Pembangunan)
  18. Astuti, SE. (Partai Persatuan Pembangunan)
  19. Bakhtiar Wakkang, SE. (Partai Nasional Demokrat)
  20. (Partai Nasional Demokrat)
  21. (Partai Hati Nurani Rakyat)
  22. Abdul Samad, SE. (Partai Hati Nurani Rakyat)
  23. Maming, SH. MM. (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan)
  24. Agus Suhadi. (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan)
  25. (Partai Berkarya). (AG)

(Klik Dokumentasi Fhoto selengkapnya)

PPID Kota Bontang