Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47, Kota Bontang Raih Penghargaan Pakarti Madya I Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Dengan Penuh Cinta Kasih Sayang Dalam Keluarga

(Bontang, 24 Juli 2019). Kota Bontang kembali meraih prestasi tingkat nasional setelah sehari sebelumnya menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) di Kota Makassar Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019) kemarin.

Terkini, Kota Bontang melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat dinobatkan sebagai peraih penghargaan Pakarti Madya I Sebagai Pelaksana Terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Kategori Kota.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Ketua Umum TP-PKK dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Ketua TP-PKK Kota Bontang Hapidah Basri Rase, A.Md. Kep., pada puncak pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-47, di Kota Padang Sumatra Barat, Rabu (24/7/2019).

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkot Bontang beserta OPD terkait, Lurah Belimbing, TP-PKK Kelurahan Belimbing, Camat Bontang Barat, TP-PKK Kecamatan Bontang Barat, TP-PKK Provinsi Kaltim, Kemenag, kemudian TP-PKK Kota Bontang khususnya Pokja 1,” kata Ketua TP-PKK Hapidah Basri Rase, A.Md. Kep., usai menerima penghargaan.

Hapidah menjelaskan bahwa Kota Bontang menerapkan tujuh poin pada lomba PAAR tersebut, diantaranya pengamalan Pancasila, pencegahan kekerasan pada anak, pencegahan seksual pada anak, pencegahan perdagangan anak, pembinaan bela negara, kesadaran nasionalis, dan kepemilikan dokumen.

PAAR, kata Hapidah, merupakan program unggulan rutin TP-PKK Kota Bontang khususnya Pokja 1 yang meliputi pembinaan budi pekerti anak dalam lingkup keluarga dan bermasyarakat.

Di TP-PKK Kelurahan Belimbing sendiri terdapat program yang juga rutin dilakukan terkait PAAR tersebut, seperti simulasi PAAR, Posyandu balita, Pospindu, Poslansia, senam ibu hamil, kegiatan karang taruna, majelis taklim, pustakawan bercerita, pojok baca di setiap RT, kunjungan ibu hamil dan nifas setiap Senin. “Perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat, CCTV seluruh RT di Kelurahan Belimbing yang semuanya itu mendukung kegiatan PAAR dengan penuh cinta kasih,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Hapidah menilai lomba PAAR sangat positif untuk seluruh lapisan masyarakat. Menurutnya, lomba ini memiliki potensi nilai strategis yang mampu menjadi inspirasi dan motivasi masyarakat.

“Lomba PAAR ini saya kira sangat positif sekali karena lomba ini memiliki potensi nilai yang strategis yang mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat luas termasuk pelaku pembangunan, para pemimpin di semua tingkatan bahwa PKK merupakan kunci bagi pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat,”

Untuk itu, ia mengimbau keterlibatan orang tua dalam membina anak, terlebih saat ini merupakan era digitalisasi dan keterbukaan informasi sehingga diperlukan benteng yang kuat dari keluarga serta pemerintah.

Lebih jauh, istri dari Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase ini pun berharap bahwa TP-PKK melalui program PAAR dapat berkontribusi nyata dalam pembangunan Kota Bontang dengan konsep bergerak bersama yang melibatkan peran pemerintah, masyarakat, dan swasta.

“Terima kasih kepada seluruh kader PKK mulai dari kelurahan hingga kecamatan Bontang Barat dan kota karena telah bekerja tanpa pamrih menjadi kader tangguh sehingga bisa mengimplementasikan 10 program pokok PKK temasuk dalam hal ini PAAR dibawah Pokja 1,”

“Pola asuh ini sangat penting sekali dan kami berharap akan ada lagi kelurahan-kelurahan lain yang dapat mengimplementasikan PAAR ini sehingga tujuan PAAR bisa tercapai lebih luas,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada pengurus TP-PKK Kota Bontang khususnya Kelurahan Belimbing yang telah gigih dan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik pada lomba PAAR tersebut.

Tak lupa, Basri berharap seluruh TP-PKK di Kota Bontang turut melaksanakan program PAAR tersebut sehingga upaya pembinaan budi pekerti anak dalam lingkup keluarga dan bermasyarakat dapat berjalan dengan baik. (AG)

PPID Kota Bontang