Pemkot Bontang Lepas Calon Jamaah Haji 2019, Basri Minta Doakan Kota Bontang

(Bontang, 18 Juli 2019). Pemerintah Kita Bontang menggelar acara pelepasan 157 calon jamaah haji 2019 di Pendopo Rujab Wali Kota, Jl. Awang Long Bontang Utara, Kamis (18/7/2019) malam. Pelepasan ini dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase.

Dihadapan warganya, Basri Rase berharap seluruh calon haji Kota Bontang ini senantiasa diberikan hidayah dan petunjuk sehingga meraih predikat haji mabrur hingga kembali ke tanah air dalam keadaan sehat tanpa kurang satu apapun.

Basri mengaku terharu sekaligus bahagia melepas calon jamaah haji yang dijadwalkan akan meninggalkan Kota Bontang pada Sabtu (20/7/2019) malam.

Pasalnya, ia meyakini bahwa para calon jamaah haji merupakan orang yang dikehendaki Allah SWT.

“Saya sendiri punya niat yang lama (haji) tapi sampai saat ini belum diberi kesempatan. Dan saya sadari ternyata apa yang disampaikan dalam Al Quran bahwa sesungguhnya jodoh, rezeki, umur dan ajal itu adalah Tuhan yang mengatur,” kata Basri.

“Saya terharu dan bahagia dengan niat yang tulus, kita semua dapat memenuhi panggilan Allah SWT melaksanakan rukun Islam yang ke lima menunaikan ibadah haji,” imbuhnya.

Untuk itu, Basri berpesan agar jamaah selalu menjaga kesehatan selama mengikuti proses haji. Ia mengingatkan jamaah untuk memperbanyak ibadah serta meninggalkan sifat sombong dan takabur.

Tak lupa, ia juga menghimbau untuk menaati peraturan dan saling membantu sesama jamaah haji selama menjalakan rukun Islam ke lima tersebut.

Lebih jauh, Basri pun meminta jamaah calon haji untuk selalu mendoakan yang terbaik untuk Kota Bontang. “Minta didoakan Kota Bontang selalu aman terhindar dari bencana dan pemerintah kota Bontang dapat bekerja dengan baik, dan jajarannya diberikan kesehatan,” ujar Basri.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Bontang H. Sulaiman menyampaikan jumlah calon jamaah haji Kota Bontang 2019 bertambah menjadi 157 orang dari sebelumnya berjumlah 145 orang. Hal itu disebabkan tambahan 10 ribu kuota haji Indonesia oleh Kerajaan Arab Saudi.

Nantinya, calon jamaah haji Kota Bontang akan dikarantina 24 jam di embarkasi Balikpapan sebelum diberangkatkan ke tanah suci pada Senin (22/7/2019).

“(Berharap) pelaksanaan haji tahun ini berjalan dengan lancar, mudah, diberikan kekuatan lahir dan batin, mudah keberangkatannya, mudah melaksanakan ibadah haji-nya, semuanya terpenuhi, dan kembali ke tanah air selamat semuanya,” ujar H. Sulaiman.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kota Bontang Drs. H. Nursalam, Kapolres Bontang AKBP Siswanto Mukti, SIK., Asisten Administrasi Pembangunan Ir. Zulkifli, MT., jajaran Kemenag Bontang, dan para petugas haji. (AG)

PPID Kota Bontang