Diskominfo Kota Bontang Sosialisasikan KIP pada Kegiatan Diseminasi Informasi Tradisional Kesenian Nganjuk

(Bontang, 13 Juli 2019) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bontang bekerjasama dengan DPD Paguyuan Anjuk Ladang warga Nganjuk Kota Bontang menyelenggarakan Diseminasi Informasi melalui media Tradisional dengan menggelar malam kesenian tradisional yang bertema “Seni Budaya adalah Sarana Pererat Silaturahmi dan Untuk Menjaga Warisan Leluhur” bertempat di Bertempat dihalaman kantor Kelurahan Loktuan pada Sabtu 13 juli lalu.

Melalui beragam penampilan dari kebudayaan Nganjuk seperti tari tradisional, lagu daerah, dan seni drama, diharapkan event tersebut menjadi salah satu ajang promosi kebudayaan di Kota Bontang, event tersebut secara tahunan telah dilaksanakan secara rutin oleh Paguyuban Anjuk Ladang dan dengan keterlibatannya Diskominfo pada penyelenggaraan tahun ini diharapkan kegiatan tersebut dapat terkoordinir dengan baik sehingga masyarakat khususnya warga nganjuk yang berdomisili di Kota Bontang dapat terus memelihara eksistensi nilai kekayaan budaya Tradisional tersebut.

Salah satu kesenian yang digelar adalah Wayang Timplong yaitu sejenis kesenian wayang dari daerah Nganjuk, Jawa Timur. Wayang tersebut terbuat dari kayu, baik kayu waru, mentaos, maupun pinus. Instrumen gamelan yang digunakan sebagai musik pengiring, juga sangat sederhana. Hanya terdiri dari Gambang yang terbuat dari kayu atau bambu, ketuk kenong, kempul dan kendang.

Kesenian lain yang tak kalah menarik yang ditampilkan adalah Tari Sima Swantantra Anjuk Ladang dan Pagelaran drama tari Legenda rara Kuning. Tarian Sima Swantantra Anjuk Ladang merupakan tarian yang memperlihatkan kehidupan warga Anjuk Ladang dengan Mpu Sindok. Warga Anjuk Ladang sangat setia dan banyak membantu Mpu Sindok melawan musuhnya yaitu pasukan Sriwijaya. Atas kemengan yang didapatkan oleh Mpu Sindok dengan bantuan warga Anjuk Ladang, maka Mpu Sindok memberikan hadiah berupa daerah untuk dikuasai warga Anjuk Ladang atau daerah yang lebih dikenal dengan nama  Kabupaten Nganjuk.

Dalam Sambutan Pembukaannya Ketua Paguyuban Anduk Ladang menyampaikan apresiasi mendalam atas terjalinnya sinergi antara Pemerintah dengan Paguyuban Kesenian Daerah dalam seiring sejalan membangun Kota Bontang.

Sebagai bagian dari diseminasi Informasi melalui media Tradisional pada kegiatan tersebut juga turut dilaksanakannya Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bontang Drs.Dasuki MM

Beberapa hal ditekankan Dasuki dalam Sosialisasinya bahwa Kominfo akan hadir bersama paguyuban yang ada dikota Bontang dan turut berperan serta dalam membangun kebudayaan Daerah dan memberikan edukasi penyebarluasan informasi publik kepada masyarakat (*yudhi)

(Klik Selengkapnya Dokumentasi Fhoto Kegiatan)

PPID Kota Bontang