Pekan KIM dan Festival Budaya Bontang 2019, Even KIM Pertama di Kalimantan Timur

(Bontang, 29 Juni 2019). Puncak rangkaian acara pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Festival Budaya Bontang sukses digelar, di lapangan parkir Destinasi Wisata Hutan Mangrove Bontang Kuala, Sabtu (29/6/2019).

Bertema “Jangan Buang Sampahmu di Mangroveku”, even ini merupakan kegiatan perdana di Kota Bontang, bahkan di Provinsi Kalimantan Timur.

Kemeriahan puncak acara yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika tersebut terlihat dari antusias peserta dan warga yang menyaksikan berbagai lomba hingga pertunjukan budaya.

Sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 25 hingga 27 Juni 2019. Diawali dengan pelatihan pembuatan video blog (vlog) dengan pemateri pegiat KIM Jambangan Hijau dari Kota Surabaya Cak Boni. Dilanjutkan dengan trik pembuatan infografis, oleh Yosef Suprayogi dari Tempo Institut dihari berikutnya.

Dua even ini diikuti oleh 9 KIM Kelurahan dari 15 Kelurahan yang ada di Kota Bontang. Harapannya hasil pelatihan ini  bisa digunakan oleh pegiat KIM Bontang saat melakukan diseminasi informasi melalui media sosial mereka masing-masing.

Sedangkan pada puncak rangkaian acara, Sabtu (29/6/2019) diadakan final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif, yang melibatkan KIM Be Smart (Kelurahan Belimbing), KIM Ideas (Kelurahan Loktuan) dan KIM Bonles (Kelurahan Bontang Lestari). Dilanjutkan lomba Vlog, lomba tarian tradisional, fashion show daur ulang dan lomba penyajian masakan nusantara.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, mengapresiasi kegiatan luar biasa ini. Ia berharap Pekan KIM dan Festival Budaya Bontang 2019 bisa berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang untuk Pembangunan Masyarakat Kota Bontang yang lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan pak Dasuki (Kepala Diskominfo Kota Bontang), Camat dan lurah bersama KIM ini akan dilaksanakan seterusnya secara bergiliran, mulai dari pertama ini Bontang Kuala. Sehingga informasi terkait potensi-potensi yang ada di masing-masing kelurahan itu dapat dipublikasikan,” ujar Basri.

Sebagai informasi, era keterbukaan informasi yang didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK), menjadikan dunia seakan tanpa mengenal batas wilayah. Manusia dengan mudah dan cepat dapat mengakses informasi yang dibutuhkan.

Kondisi ini, apabila tidak diimbangi dengan kesiapan sumber daya manusia dalam memilah dan memilih informasi yang tersedia secara transparan akan berdampak negatif terhadap proses pembangunan suatu wilayah.

Untuk itu, kehadiran Kelompok Informasi Masyarakat akan berperan strategis dalam upaya menjawab tantangan tersebut, karena KIM sebagai komunitas masyarakat sadar informasi yang tumbuh dan berkembang di tengah kehidupan masyarakat Indonesia yang diharapkan dapat berperan sebagai fasilitator untuk menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi yang terjadi antara pemerintah dengan masyarakat (top down) atau sebaliknya antara masyarakat dan pemerintah (bottom  up). Termasuk dalam memberikan edukasi yang baik di masyarakat.

Berikut daftar juara Pekan KIM dan Festival Budaya Bontang 2019:

Lomba Vlog :
1. KIM Kelurahan Kanaan.
2. KIM Kelurahan Bontang Kuala.
3. KIM Kelurahan Bontang Baru.

Lomba Drama :
1. KIM Kelurahan Loktuan.
2. KIM Kelurahan Tanjung Laut.
3. KIM Kelurahan Bontang Lestari.

Lomba Cerdik Cermat Komunikatif :
1. KIM Be-Smart Kelurahan Belimbing.
2. KIM BonLes Kelurahan Bontang Lestari.
3. KIM Ideas Kelurahan Loktuan.

Lomba Peragaan Busana Daur Ulang:
1. Detrisa (Bontang Baru).
2. Syifa Maulidya (Bontang Baru).
3. Hariati (Bontang Lestari).

Lomba Kuliner :
1. Kelurahan Api-api (07).
2. Kelurahan Berebas Tengah (05).
3. Kelurahan Bontang Kuala (02).

Lomba Tari Tradisional :
1. Kelurahan Tanjung Laut.
2. Kelurahan Tanjung Laut.
3. Kelurahan Berebas Tengah

JUARA UMUM: KELURAHAN TANJUNG LAUT. (AG)

(Klik Dokumentasi Fhoto selengkapnya)

PPID Kota Bontang