TP-PKK Bontang Wakil Kaltim di Nasional, Tim Verifikasi Lomba PAAR Pusat Kunjungi Kota Taman

BONTANG – Tim Verifikasi TP-PKK Pusat melakukan penilaian lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Cinta Kasih Tingkat Nasional di Bontang, Kamis (27/6). Verifikasi ini dilakukan karena Kelurahan Belimbing menjadi perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan masuk nominasi tingkat nasional lomba PAAR Cinta Kasih.

Rombongan TP-PKK Pusat yang terdiri dari Aniek Anani Kurniadi dan Dyn Wiendarti disambut oleh Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase bersama Ketua TP-PKK Kota Bontang Hapidah Basri Rase, di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang. Selain TP-PKK Pusat, turut hadir pula Tim Pendamping dari TP-PKK Provinsi Kaltim Nor Hasanah selaku Ketua Pokja I TP-PKK Kaltim dan Diding Revilla selaku Wakil Ketua Pokja I TP-PKK Kaltim.

Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase mengatakan, anak merupakan masa depan keluarga dan bangsa. Sehingga perlu dipersiapkan agar kelak menjadi manusia yang berkualitas, sehat, bermoral, dan berguna bagi keluarga serta bangsa. “Sehingga, pola asuh yang baik menjadikan anak berkepribadian kuat, tak mudah putus asa, dan bertanggung jawab menghadapi kehidupan yang penuh dinamika,” kata Basri.

Dilanjutkannya, penguatan 8 fungsi keluarga merupakan landasan untuk mewujudkan generasi mendatang yang memiliki kualitas tinggi, berkarakter, serta berakhlak mulia. “Delapan fungsi yang dimaksud, fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi serta pendidikan, ekonomi, dan pembinaan lingkungan,” terangnya.

Dikatakan Basri, fungsi dan peran TP-PKK dalam menciptakan keluarga yang sehat dan berketahanan sangat besar. Mengingat, kedudukannya sangat strategis. Karena TP-PKK menjadi motor penggerak sekaligus motivator, dinamisator, dan fasilitator kegiatan. “Selama ini 10 program PKK Bontang sangat banyak mendorong program pembangunan yang berbasis partisipasi,” ujarnya.

Dengan banyaknya penghargaan oleh Pemerintah Pusat melalui TP-PKK Pusat, Basri berpesan kepada seluruh camat, lurah, dan TP-PKK di semua jenjang agar dapat memacu semangat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Terima kasih kepada tim verifikasi dari TP-PKK Pusat yang telah hadir. Ini tentu menambah semangat kami dalam membangun Bontang tercinta,” tukas Basri.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Bontang Hapidah Basri Rase mengatakan TP- PKK Bontang telah melakukan seleksi lomba PAAR Tingkat Kota tahun 2019. Sebagai pemenang, adalah TP-PKK Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat. “TP-PKK Belimbing pun ikut lomba PAAR Tingkat Provinsi, dan dinyatakan lolos ke tingkat nasional,” kata Hapidah.

Maksud kegiatan verifikasi lapangan kata Hapidah, sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan lomba PAAR Tingkat Nasional yang mana Bontang mewakili Kaltim lolos 6 besar seleksi administrasi yang sudah berlangsung sejak Januari 2019 lalu. “Tentunya tim penilai ingin melihat langsung kondisi di lapangan. Bagaimana kiprah Bontang dalam komitmennya mengembangkan PAAR Penuh Cinta dan Kasih Sayang. Kami tentu berharap hasil terbaik bisa didapatkan untuk Bontang dan Kaltim,” pungkasnya.

Usai penyambutan tersebut, kunjungan tim juri diawali ke TP-PKK Kecamatan Bontang Barat untuk melakukan verifikasi berbagai fasilitas dan pelayanan PKK, mulai dari ruang PKK, ruang pola asuh anak remaja, hingga kegiatan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK Remaja).

Setelah itu, tim juri dan tim pendamping bersama TP-PKK Kota Bontang bergerak menuju lokasi visitasi berikutnya, yakni TP-PKK Kelurahan Belimbing. Visitasi tersebut diawali dengan presentasi terkait inovasi-inovasi yang dilakukan TP-PKK Kelurahan Belimbing.

Seperti visitasi sebelumnya di Kecamatan Bontang Barat, Tim juri juga melakukan verifikasi fasilitas dan kegiatan Posyandu, Posbindu, Posyandu Lansia, serta kegiatan senam ibu hamil dan pemeriksaan kesehatan. Diluar itu, terdapat inovasi E-kelurahan, perpustakaan cerdas berilmu, sistem informasi keamanan terpadu di Kelurahan Belimbing yang turut paparkan.

Hasil dari evaluasi ini diharapkan dapat memotivasi TP-PKK dan stakholders terkait dalam meningkatkan kiprah PAAR di Kota Bontang. Dikesempatan itu pula, tim juri mengapresiasi dan mengaku terkesan dengan keunikan serta inovasi-inovasi yang dimiliki TP-PKK Kelurahan Belimbing. Terlebih, kegiatan dan fasilitas yang dilaporkan kepada tim juri sesuai dengan kenyataan dilapangan. (hms9/AG)

PPID Kota Bontang