Tingkatkan Daya Saing Masyarakat, Pemkot Bontang Gelar Lomba Teknologi Tepat Guna dan Produk Olahan

(Bontang, 23 Juni 2019). Dalam upaya mengantisipasi tantangan diera globalisasi, masyarakat dituntut memiliki kemampuan dalam memanfaatkan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk meningkatkan daya saing produk guna peningkatan kesejahteraan. Daya saing produk didapatkan apabila Teknologi Tepat Guna yang tersedia beragam dan bervariasi sehingga masyarakat bebas memilih Teknologi Tepat Guna sesuai dengan kebutuhan guna peningkatan kualitas dan kuantitas produksinya masing-masing.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bontang menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Lomba Produk Olahan Tahun 2019 sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan guna merangsang perkembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diharapkan dapat membantu kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam dan manusia yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat untuk merangsang, mendorong menjadi pelaku dalam kegiatan ekonomi  produktif.

Hal ini tentunya senada dengan Instruksi Presiden RI No. 3 Tahun 2001 tentang Penerapan dan Pengembangan   Teknologi Tepat  Guna dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna.

Kegiatan lomba tersebut bertujuan untuk mencuptakan produk – produk olahan baru dan terbukanya usaha – usaha baru. Selain itu, juga dapat memberikan apresiasi dan menambah pengetahuan pemerintah maupun masyarakat tentang perkembangan dan manfaat teknologi Teknologi Tepat Guna.

Untuk melaksanakan penilaian yang tepat dan akurat panitia dan juri  lomba yang telah ditunjuk tidak hanya menilai hasil presentasi peserta namun juga mengadakan kunjungan lapangan ke lokasi masing-masing peserta. Setelah itu, para juri melaksankaan Rapat Pleno guna menentukan para pemenang lomba yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2019 di Gedung PKK Kota Bontang.

Berikut ini adalah nama-nama pemenang lomba tersebut, yaitu:

  1. Juara lomba Inovasi TTG;

Juara atas nama Ahlul Duwi Saputra (Masker Ampas teh)

  1. Juara lomba Inovasi Produk Olahan
  • Juara 1 atas nama Wahyu Juli Hastuti, M.Pd (Miranade)
  • Juara 2 atas nama Astril Wedy (Sosis Tulang Lele & Ikan Tuna)
  • Juara 3 atas nama Cipuk Artanika (Kripik Tempe Sagu Ikan Bawis)

Sebagai informasi, seluruh pemenang lomba nantinya akan mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah yang akan diserahkan pada  Upacara hari Jadi Kota Bontang serta akan diikutsertakan dalam lomba tingkat provinsi pada tanggal 24 s/d 27 Juni 2019 di Kutai Timur. (L)

PPID Kota Bontang