Kecamatan Bontang Barat Gelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS)

(Bontang, 8 April 2019)-Kecamatan Bontang Barat menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bontang Barat, Sabtu (6/4).

Dalam deklarasi bertemakan “Tinggalkan Perilaku BABS Untuk Bontang Sehat” tersebut, turut hadir Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og. Dalam paparannya Neni meminta agar seluruh warga berkomitmen tidak lagi melakukan buang air besar sembarangan tempat dan juga turut memiliki tanggung jawab bersama dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan memelihara kebersihan dimasing-masing wilayahnya dari perilaku BABS yang tidak hanya merugikan bagi yang melakukannya namun juga menimbulkan kerugian bagi orang lain berupa pencemaran lingkungan disekitarnya

“Semoga ini bukan seremonial saja tapi warga Kecamatan Bontang Barat benar-benar berkomitmen untuk tidak BABS,” kata mantan DPR RI tersebut.

Pada deklarasi tersebut masyarakat Bontang Barat berjanji sejak saat ini dan seterusnya tidak akan melakukan buang air besar sembarangan tempat. Serta tidak membiarkan orang lain melakukannya di wilayahnya.

Senada, Camat Bontang Barat Marthen Minggu mengklaim, di wilayahnya sudah tidak ada lagi warga yang melakukan BABS. Dia meminta, para lurah maupun Ketua RT komitmen menjaga BABS tersebut.

“Di wilayah Bontang Barat, sudah tidak ada lagi warga yang BABS,” ujar Marthen dalam sambutannya. (AF)

Tim Liputan PPID