Diskominfo Kota Bontang Siapkan Jaringan Internet Gratis di Malahing

(Bontang, 20 Maret 2019). Kabar bahagia bagi warga Pulau Malahing RT 30, Kelurahan Tanjung Laut Indah, Bontang Selatan. Meski menempuh waktu pejalanan selama tiga puluh menit dari pelabuhan Tanjung Laut, pulau yang berpenduduk sekitar 200 jiwa kini dipastikan akan menikmati kemajuan teknologi berupa jaringan internet  secara gratis.

Malahing menjadi satu dari beberapa daerah pesisir yang masuk ke dalam Program Integrasi Daerah Pesisir. Program ini dibesut Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bontang dengan membangun sarana infrastruktur jaringan internet serta pemasangan WiFi di beberapa sekolah dengan kecepatan 10 Mbps.

Tentunya, keberadaan jaringan internet ini diharapkan dapat mempermudah warga Malahing mendapatkan informasi dan mengembangkan potensi, serta mendukung digitalisasi layanan yang sedang dilakukan Pemkot Bontang saat ini. Terlebih, Kota Bontang telah didaulat sebagai 25 Kota/Kabupaten terpilih Gerakan Menuju 100 Smart City se-Indonesia.

Mewakili warganya, Ketua RT 30, Nasir Lakada mengutarakan rasa terima kasih atas perhatian dari Pemerintah Kota Bontang. “Adanya internet ini sangat penting bagi warga, khususnya anak sekolah. Terlebih lagi dalam hal pelajaran, serta kreasi mereka. Karenanya saya merasa bersyukur sekali atas perhatiannya,” ujar Nasir.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya akses mereka terhadap internet amat terbatas. “Hanya melalui HP (paket internet prabayar) saja,” terang Nasir.

Setelah memiliki akses internet melalui WiFi, Pria 46 tahun ini berencana memasarkan produk unggulan warga Malahing, di antaranya Amplang rumput laut, Stik rumput laut, dan Kerajinan. Ia berharap hal tersebut akan meningkatkan perekonomian warga. (AF/AG)

PPID Kota Bontang