Sukseskan Pemilu Serentak, Wali Kota Bontang Hadiri Rakor Forkopimda Se-Kaltim

(Bontang, 7 Maret 2019). Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og menghadiri Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Kaltim dalam rangka Persiapan Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2019, di Pendopo Odah Etam, Jl. Gajah Mada, kota Samarinda, Rabu (6/3) kemarin.

Rakor yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tersebut, dipimpin sekaligus dibuka langsung oleh Gubernur Prov. Kaltim DR. Ir. H. Isran Noor M.Si. Dalam arahannyanya, ia mengajak seluruh warga Kaltim untuk menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) serentak baik pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) pada 17 April 2019 mendatang.

“Mari bersama kita sukseskan Pemilu 2019. Pemerintah sangat menghargai masyarakat yang menggunakan hak pilihnya. Karena itu hak demokrasi,” kata Isran Noor.

Dijelaskan Isran, tingkat kerawanan terkait dengan kondisifitas daerah Kaltim berada di zona hijau (aman), namun ia menghimbau untuk tetap meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya gangguan sosial pada setiap tahapan pemilu.”Kewaspadaan dan dukungan berbagai pihak sangat diperlukan terutama aparat keamanan baik TNI maupun Polri dalam mengantisipasi terjadinya konflik di daerah,” jelasnya.

Berbeda dengan kondisifitas daerah Kaltim yang berada di zona hijau, partisipasi pemilih di Kaltim justru masuk pada zona kuning. Terbukti pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2018 lalu, partisipasi pemilih ditargetkan mencapai 77,5% tapi pada pelaksanaannya hanya mencapai 58,4% dengan persentase Golput sebanyak 41,84%. Isran pun menekankan perlunya kerja keras untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Lebih lanjut, Isran turut menghimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas dengan tidak mengikutsertakan dirinya dalam politik praktis sesuai Aturan Kementerian PAN-RB.

Sementara itu, mewakili Kapolda Kaltim, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan M. Si, menyampaikan bahwa Polri siap menjaga keamanan pelaksanaan Pemilu dengan jumlah personil sebanyak 5.231 bekerja sama dengan tenaga Linmas sebanyak 21.654 dan dari TNI 4.180 personil.

Hadir dalam Rakor tersebut Wagub Prov. Kaltim H. Hadi Mulyadi M. Si, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Ketua DPRD Kaltim HM. Syahrun HS, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono, Kepala BNN Kaltim Brigjen Pol Raja Haryono, Kepala Kejati Kaltim Ely Shahputra ,SH.MH, dan Kabinda Kaltim Brigjen TNI Masrumsyah.

Selain itu, hadir pula Ketua KPU Kaltim Rudiansyah S.E, Ketua Bawaslu Kaltim M. Syaiful S. Sos, Dandim Se Prov. Kaltim, Kapolres Jajaran polda Kaltim, Bupati dan Walikota Se Prov. Kaltim, Kadis komimfo Se prov. Kaltim, Kepala Kesbangpol Se Prov. Kaltim,Camat Se Prov. Kaltim, Ketua KPU kabupaten/kota se Prov. Kaltim, serta Ketua Bawaslu Kabupaten/kota seProv. Kaltim. (AG)

PPID Kota Bontang