Wali Kota Canangkan Kota Bontang Bebas Sampah 2020

(Bontang, 24 Februari 2019). Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp. Og, mencangkan Kota Bontang bebas sampah di 2020. Target itu ia sampaikan dalam sambutannya pada Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, di area Car Free Day (CFD), Jalan MH. Thamrin di depan Plasa Taman (Ramayana), Bontang Utara, Minggu (24/2) pagi.

Inshaa Allah Kota Bontang akan bebas sampah di tahun 2020, kita harus punya target, kita mesti punya capaian indikator,” tegas Neni.

Menurut dia, target yang dicanangkan ini merupakan upaya Pemerintah kota (Pemkot) Bontang mengatasi pencemaran lingkungan akibat sampah yang tidak terkendali. Hingga saat ini, penanganan persoalan sampah pun  masih terus diwujudkan secara nyata melalui edukasi dan kampanye dengan lagu 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) serta  membangun sikap mental dan perilaku masyarakat dalam memperhatikan kebersihan sungai, laut, dan lingkungan sekitar.

“Saya sebagai Wali Kota wajib mengedukasi, mengingatkan semua masyarakat yang ada di Kota Bontang untuk selalu perduli dengan lingkungan,” tuturnya.

Pemkot Bontang, lanjutnya, memiliki program restorasi kali atau sungai bersih yang sudah dilakukan dibeberapa titik. Untuk itu, Neni mengingatkan seluruh elemen masyarakat di Kota Bontang agar berkomitmen terhadap kebersihan lingkungan dengan prinsip 3R dimulai dari diri sendiri hingga lingkup rumah tangga.

Sebelumnya, Pemkot Bontang telah menerbitkan Peraturan Wali Kota Bontang (Perwali) Nomor 30 Tahun 2018, terkait larangan Pengusaha Retail, Toko Modern, dan Swayalan menggunakan produk plastik sekali pakai per tanggal 1 April 2019 mendatang.

“Selamat HPSN 2019. Bontang-ku, Bontang-mu, Bontang kita semua mari kita bangun, kita jaga, kita bela. Bontang JAGO,” tutup Neni. (AG/MS)  ( Klik dokumentasi Fhoto selengkapnya )

PPID Kota Bontang