Kota Bontang Siap Rayakan Hari Peduli Sampah Nasional 2019

(Bontang, 20 Februari 2019).  Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyiapkan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang rencananya akan digelar pada Minggu, 24 Februari 2019 mendatang.

Sebanyak 2.000 orang terdiri dari berbagai latar belakang masyarakat diperkirakan akan memeriahkan peringatan HPSN 2019 yang akan dipusatkan di area Car Free Day (CFD) Jalan MH. Thamrin di depan Plasa Taman (Ramayana), Bontang Utara mulai pukul 06.00 WITA hingga 11.00 WITA.

Rencananya, rangkaian peringatan HPSN 2019 diawali senam bersama diikuti Gowes keliling kota dengan komunitas sepeda, dilanjutkan pencanangan gerakan pengurangan sampah plastik oleh Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og serta penandatanganan komitmen untuk mengurangi penggunaan plastik di lingkungan pendidikan oleh Perwakilan guru TK, SD, SLTP, SLTA se Kota Bontang.

Selain itu, HPSN 2019 kali ini juga menampilkan festival kuliner dan beragam hiburan berupa pagelaran fashion show dari bahan daur ulang,  musik angklung, akustik, yel – yel (peduli sampah), dan nasyid.

Sekretaris DLH, Ir. Retno Febriyanti mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi masyarakat terkait bahaya penggunaan plastik bagi lingkungan, mengingat per 1 April Pemkot Bontang pun telah mengeluarkan larangan Pengusaha Retail, Toko Modern, dan Swayalan menggunakan produk plastik sekali pakai sesuai dengan Perwali Nomor 30 tahun 2018.

“Kita ingin pengurangan plastik tidak sekadar lip service saja. Kegiatan ini menjadi ajang bagi kita menunjukkan komitmen kepada Kementerian LH. Mengingat penghargaan Narwasita Tantra, Adipura serta Green Leadership kemarin hanya Bontang yang dapat di Kaltim,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Retno pun berharap rangkaian perayaan HPSN 2019 yang akan digelar dapat menjadi bukti akan komitmen Pemkot Bontang terhadap lingkungan bersih dari sampah khususnya plastik. (AG/AF)

PPID Kota Bontang