Serah Terima Kunci, 50 unit Rumah Khusus Nelayan Siap di Huni

(Bontang, 13 Februari 2019). Proyek pembangunan 50 unit Rumah Khusus Nelayan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kelurahan Bontang Lestari, Kota Bontang dinyatakan rampung dan siap huni. Hal itu ditandai dengan seremoni penandatanganan perjanjian penghunian dan serah terima kunci, di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Bontang Lestari, Rabu (13/2).

Seremoni tersebut diserahkan langsung oleh Kasi Pengelolaan Wilayah II Direktorat Rumah Khusus, Triwi Umi Martati, S.Sos, M.Si kepada Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og didampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Bontang serta Lurah Bontang Lestari.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bontang mengatakan proyek pembangunan rumah tersebut merupakan program strategi nasional Pemerintah Pusat untuk mensejahterakan masyarakat. “Alhamdulillah, salah satu program yang diberikan untuk masyarakat di Kalimantan Timur, khususnya Kota Bontang adalah perumahan khusus untuk nelayan,” tutur Neni.

Tak hanya itu, Neni menambahkan bahwa program tersebut juga merupakan hasil dari upaya dan komunikasi yang terjalin dengan baik dari kepala daerah, OPD terkait, hingga DPRD, kepada semua pihak terkait untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada warga nelaya di Kota Bontang.

Dihadapan puluhan masyarakat calon penghuni Rumah Khusus Nelayan, Neni menekankan pemberian rumah tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi para nelayan untuk bekerja lebih baik tanpa menggunakan alat tangkap yang dapat merusak ekosistem laut.

“Oleh karena itu harus jaga lingkungan, kalau nelayan jangan mengebom, terumbu karangnya akan mati, karena sumber oksigen salah satunya bersal dari terumbu karang. Kalau itu rusak maka kita akan sulit mendapatkan ikan,” kata Neni.

Lebih lanjut, Neni berencana mengajukan kembali permintaan pengadaan unit Rumah Khusus Nelayan kepada Kementerian terkait. “Tadi ibu Triwi (Kasi Pengelolaan Wilayah II Direktorat Rumah Khusus) sudah mengatakan silahkan bersurat, Inshaa Allah kita (Kota Bontang) akan dapat lagi,” kata Neni disambut riuh tepuk tangan warga nelayan.

Usai seremoni penandatanganan perjanjian penghunian dan serah terima kunci, acara dilanjutkan kunjungan Wali Kota bersama warga calon penghuni dan unsur Forkopimda menuju lokasi Rumah Khusus Nelayan. (AG)

PPID Kota Bontang