Terima Bantuan senilai Rp 249.180.750, Disporapar LaksanakanPembangunan Mangrove Berbas Pantai

(Bontang, 12 Februari 2019) “Di Kota Bontang Hutan Bakau (Mangrove) merupakan salah satu ciri khas. Oleh sebab itu keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan. BRI menyadari pentingnya Objek Wisata Berbas Pantai tersebut, sehingga dipilih sebagai salah satu perwujudan CSR BRI Cabang Bontang,” ucap Arief Wibowo Selaku Pimpinan Cabang BRI Bontang, saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara serah terima Bantuan CSR kepada Disporapar, Selasa (12/2) pagi. Acara yang berlangsung di pendopo Mangrove Berbas Pantai ini dihadiri langsung oleh Ketua Disporapar Bontang, Bambang Cipto Mulyono, M.Si.

Bambang menjelaskan rencananya ke depan perihal Mangrove Park. Tahun ini kita mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisata RI. Dana tersebut akan dialokasikan untuk membangun dua menara pandang. Akhir Februari ini direncanakan akan segera dibuka. Dengan keberadaan menara ini, pengunjung dapat melihat pemandangan Pantai Marina dan Mangrove dari atas. Total bantuan yang diserahkan adalah senilai Rp 249.185.750. Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk gapura pintu masuk, tiga buah photobooth, pembuatan marka, serta fasilitas publik lainnya.

Pemerintah juga berencana membangun akses jalan menuju pantai, serta pembangunan dermaga dan Deep Center sebagai bangunan tempat penyimpanan alat selam. Setelah rampung, wisatawan yang ingin menuju wisata laut Kota Bontang, akan diarahkan melalui dermaga ini. Keberadaan pusat kuliner yang telah memasuki tahap pembangunan, juga diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar. Namun Bambang menuntut inovasi para pedagang.

“Nantinya wisatawan yang akan berangkat atau pulang dari wisata laut, ketika lapar bisa mampir ke pusat kuliner yang sedang dibangun itu. Tetapi yang dijual jangan saraba atau pisang epe saja. Kami juga akan mengalokasikan dana untuk meningkatkan inovasi para pedagang. Kami berencana melakukan pelatihan terkait hal ini,” tandasnya.

Selain itu Kadisporapar mewakili Pemerintah Kota Bontang mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap sinergi semacam ini dapat terus berlangsung, sehingga masyarakat merasakan dampak langsung dari pembangunan Kota Bontang.

“Kami atas nama pemerintah Kota Bontang mengucapkan terimakasih. Karena hal ini mempercantik wajah hutan mangrove park berbas pantai. Harapannya ke depan kita dapat terus bersinergi dengan Bank BRI dan dapat mengembangkan pariwisata serta membantu kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif yang ada di sekitar berbas pantai,” pungkas Bambang.

Tampak hadir dalam seremonial ini Lurah Berbas Pantai, Polsek, OPD Terkait, Jajaran Manajemen BRI, serta Perwakilan Pedagang. (AF/L)

PPID Kota Bontang