Kelurahan Berbas Tengah dan BPN Gelar Penyuluhan dan Sosialisasi PTSL 2019

(Bontang, 7 Februari 2019). Sebagai unit pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, Kelurahan Berbas Tengah memfasilitasi kegiatan Penyuluhan dan Sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) 2019 yang digagas Badan Pertanahan Nasional (BPN), Rabu (6/2) pagi.

Program yang berasal dari Pemerintah Pusat tersebut digelar di Aula Pertemuan Kantor Kelurahan Berbas Tengah. Adapun nara sumber, yakni Ketua PTSL 2019 Suwoko dan koordinator lapangan BPN Bontang Suryadarma.

Lurah Berbas Tengah Muhammad Mahfuz dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat dan BPN atas terselenggaranya sosialisasi PTSL.

“Kami dari kelurahan tentu sangat mengapresiasi pemerintah pusat dan BPN yang telah mensosialisasikan program ini. Sehingga masyarakat yang tadinya belum mengurus sertifikat tanahnya, dapat segera mengurusnya tahun ini,” kata Muhammad Mahfuz.

Dihadapan ratusan warganya, ia menjelaskan bahwa pembagian sertifikat tanah dari program PTSL 2017 lalu belum semua dirampungkan BPN. Dari keseluruhan berkas pemohon yang diajukan saat itu sebanyak 558 berkas, baru 414 berkas yang bisa diserahkan.

Hal ini dikarenakan berkas pemohon masih masih dalam tahap seleksi pemberkasan, atau peta bidang masih dalam tahap penyelesaian oleh BPN Bontang.

“Tentu kami sebagai fasilitator akan tetap mengawal BPN sehingga nantinya semua pemohon  mendapatkan sertifikat tanahnya. Sehingga hal ini juga tidak menjadi beban lagi di kelurahan,” ucapnya.

Pihaknya pun akan menyambut baik wacana BPN yang akan membuka posko di Kelurahan Berebas Tengah untuk warga yang akan mendaftar program PTSL 2019. Nantinya, pihak kelurahan akan memfasilitasinya dengan menyiapkan tempat khusus.

“Harapannya jadwal pembukaan posko dari BPN bisa segera dikirim ke kami sehingga kami juga bisa segera menyampaikannya ke warga,” pungkasnya. (AG/MS)

PPID Kota Bontang