Rapat Koordinasi KIM Kota Bontang bersama Diskominfo

(Senin 28 Januari 2019). Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bontang bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menggelar rapat koordinasi pada Senin (28/1/19). Rapat tersebut digelar sebagai bentuk tindak lanjut atas dibentuknya ketua KIM Bontang pada Minggu (27/1) kemarin malam.

Hadir dalam rapat tersebut, Kepala Diskominfo Drs. Dasuki, M.Si, selaku pimpinan rapat, Boobin Nila Prasanta Yudha selaku narasumber, perwakilan Ketua KIM Kota Bontang, Halimah beserta Sekretaris dan jajarannya. Sementara itu, Boobin Nila Prasanta Yudha selaku penggerak KIM Nusantara dalam sambutannya mengharapkan agar seluruh organisasi sosial masyarakat dapat terangkul di dalam KIM.

“Di Bontang ini terdapat banyak organisasi, atau kelompok masyarakat. Saya berharap agar KIM ini tidak milik ASMAMI saja, atau milik ASIK saja. Kalau bisa setiap perwakilan kelompok masyarakat terwadahi di KIM, sehingga untuk awal ini keanggotaannya tidak perlu dipersulit,” ujar penggerak KIM jambangan Surabaya tersebut.

Pria yang akrab disapa Cak Bhonie ini meyakini bahwa KIM adalah jalan menuju masyarakat informasi. Kehadiran KIM seharusnya mampu menampik berita-berita hoax, sekaligus mewadahi aspirasi masyarakat. Tidak terbatas pada itu, pemberdayaan masyarakat juga harus terangkat dengan adanya KIM.

“Kalau organisasi lainnya punya syarat-syarat tertentu, di sini (KIM) kita buka seluas-luasnya, jadi nanti semua perwakilan masyarakat ada di KIM. Supaya biarpun KIM bukan siapa-siapa tapi kita ada di mana-mana. Tentunya tujuan besar kita adalah menjadikan pembangunan Kota Bontang lebih baik lagi, khususnya di bidang IT,” pungkasnya.

Cak Bhonie juga mengajak anggota forum bersiap menyambut Pekan KIM di Bulan Maret mendatang. Acara tersebut akan berlangsung selama lima hari dengan rangkaian kegiatan mulai dari pelatihan menulis vlog dan blog, pelatihan menulis berbasis aplikasi, lomba cerdas cermat, kompetisi drama tradisional bertema pembangunan, dan ditutup dengan festival budaya.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Bhonie, mewakili Diskominfo, Dasuki berpesan kepada anggota KIM agar mampu mencerdaskan masyarakat. Selain itu juga diharapkan melalui KIM terjadi lompatan-lompatan di masyarakat.

“Oleh karena itu mari kita lakukan lompatan-lompatan. Kita jangan lagi berpikir sistemik, tetapi berpikir strategik. Saya berharap yang telah maju, seperti KIM Kelurahan Belimbing atau ASMAMI mampu melebur dan bersama-sama memajukan yang lain,” tutup Dasuki. (AF/L)

PPID Kota Bontang