BKPP Kota Bontang Gelar Sosialisasi JPT Pratama dan Pengembangan Karir

(Bontang, 10 Desember 2018). Pemerintah Kota Bontang melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bontang menggelar Sosialisasi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Pengembangan Karir Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), Senin (10/12) pagi.

Bertempat di Ruang Rapat Lt. II Kantor Wali Kota Bontang, Jalan Moch. Roem, Bontang Lestari, sosialisasi tersebut diikuti Kepala dan Sekretaris di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Bagian di lingkungan Pemkot Bontang. Rencananya, kegiatan itu digelar selama dua hari hingga Selasa (11/12) dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Bidang Mediasi dan Perlindungan Tasdik Kinanto, S.H, M.Hum dan Komisioner KASN Bidang Monitoring dan Evaluasi Dr. Waluyo.

Pj. Sekda Kota Bontang Drh. Agus Amir, dalam arahannya menyampaikan bahwa tantangan terus hadir dalam pengelolaan ASN khususnya PNS, yang dipengaruhi oleh perubahan jaman yang terjadi dewasa ini. Namun, ia menghimbau tantangan tersebut harus disikapi secara positif dan diatasi dengan tetap mengacu pada regulasi. “sehingga bisa berpengaruh yang baik pula pada kinerja aparatur hingga akhirnya turut mendukung kesejahteraan masyarakat umum, terutama di Kota Bontang,” tutur Agus Amir.

Lebih lanjut, dijelaskan Agus Amir, proses Seleksi Terbuka dan Kompetitif JPT Pratama di lingkungan Pemkot Bontang telah menggunakan sistem merit yang mengacu pada kompetensi, kualifikasi dan kinerja secara adil dan wajar yang menjadi dasar dalam penempatan jabatan.

“Memang dalam proses Seleksi Terbuka dan Kompetitif yang telah dilakukan sejak 2017 sampai saat ini, ada beberapa sanggahan. Komisi KASN juga melakukan validasi terhadap hal tersebut, Alhamdulillah secara keseluruhan bahwa Pemkot Bontang tidak melakukan pelanggaran dalam proses (seleksi terbuka dan kompetitif) itu,” jelas Agus Amir.

“Untuk itu, pada kesempatan ini, kita bisa memanfaatkan waktu kita untuk lebih banyak mendiskusikan hal – hal yang menjadi pertanyaan kita selama ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BKPP Kota Bontang Drs. H. Artahnan, MM berharap peserta sosialisasi dapat mengikuti dengan baik dan memanfaatkan kegiatan ini untuk menggali informasi terkait sosialisasi tersebut.

“Besar harapan saya kepada seluruh peserta agar moment ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya, untuk kita nanti pada sesi tanya jawab jangan sungkan – sungkan menyampaikan hal yang belum dimengerti untuk dipahami bersama,” harapnya.

Tampak hadir pada sosialisasi tersebut, Asisten Administrasi Pemerintahan, Asisten Administrasi Umum, anggota Panitia Seleksi (pansel) lelang JPT Pratama di lingkungan Pemkot Bontang.

PPID Kota Bontang