Wujud Pelestarian Kearifan Budaya Lokal, Wali Kota Bontang Buka Pesta laut 2018

(Bontang, 28 November 2018). Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang kembali menunjukan komitmennya untuk menjaga eksistensi kearifan budaya lokal. Setelah menggelar Erau Pelas Benua di Kelurahan guntung pada akhir September lalu, kali ini Pemkot Bontang kembali menggelar Festival budaya tahunan yakni Pesta Laut 2018 di Kelurahan Bontang Kuala, Bontang Utara, Rabu (28/11) pagi.

Hadir sekaligus membuka secara resmi Pesta Laut Bontang Kuala, Wali Kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og. Festival budaya yang berlangsung hingga minggu (2/12) tersebut, turut dihadiri Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, Ketua DPRD Kota Bontang Drs. H. Nursalam, Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Marta Dipura Drs. Adji Pangeran Adipati Prabu Anum Surya Adiningrat, M.Si beserta kerabat, Mantan Wali Kota Bontang dr. H. Andi Sofyan Hasdam, Sp.S, unsur Muspida Kota Bontang, unsur Forkopimda Kota Bontang, kepala dan perwakilan OPD Kota Bontang, dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bontang menyampaikan bahwa pelaksanaan Pesta Laut Bontang Kuala  merupakan bukti nyata Pemkot Bontang melestarikan kearifan budaya lokal. Menurutnya, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budaya.

“Hari ini kita patut bersyukur kepada Allah SWT bahwa Kita bisa kembali melaksanakan budaya lokal Kota Bontang, yaitu Pesta Laut Bontang Kuala. Ini merupakan komitmen dari Pemkot Bontang terhadap kearifan budaya lokal,” tutur Neni

Dijelaskan Neni, Pemkot Bontang telah berupaya berbenah mempercantik dan memperindah Kota Bontang baik disudut – sudut kota maupun pusat kota beserta seluruh destinasi wisata.

“Seperti yang kita saksikan, kalau malam lampion sudah menyala, kemudian jembatan sudah kita perbaiki dan Inshaa Allah heritage yaitu Kecamatan yang cikal bakalnya Kota Bontang akan kita jadikan salah satu destinasi wisata,” ungkapnya.

Selain itu, Neni pun berharap kepada seluruh warga Kota Bontang untuk mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan kota wisata bersih dan ramah terhadap wisatawan.

Mewakili Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Marta Dipura, Dewan Penasehat Sultan Adji Pangeran Aryo Kusumo Putro menyampaikan apresiasi dan kagum atas dukungan Pemkot Bontang dalam menyelenggarakan festival Pesta Laut Bontang Kuala.

“Kami sebagai pemangku adat sangat berterima kasih karena Pemkot Bontang telah turut melestarikan budaya bangsa, kita harus bangga bahwa kita punya budaya karena orang mengenal suatu bangsa melalui budaya yang merupakan ciri kehidupannya,” jelas Adji Pangeran Aryo Kusumo Putro.

Lebih lanjut, ia pun berharap agar potensi aset budaya dan adat di Kota Bontang dapat terus digali dan dikembangkan sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan.

“Kegiatan ini (Pesta Laut) kiranya dapat dimasukan kedalam kalender event pariwisata. Jadi setiap tahun akan kita laksanakan,” harapnya.

Diakhir acara, turut digelar pembacaan Deklarasi Damai Pemilu yang Aman, Damai, dan Sejuk Kelurahan Bontang Kuala yang dipimpin Wali Kota Bontang dan diikuti seluruh warga yang hadir di pembukaan Pesta Laut 2018.

PPID Kota Bontang