Wujudkan Kesadaran Hukum, Pemkot Bontang Gelar Lomba Kadarkum

(Bontang, 27 November 2018). Guna mewujudkan kesadaran hukum ditengah masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang bekerja sama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Kalimantan Timur menggelar lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat kota Bontang, Selasa (27/11) pagi.

Bertempat di Auditorium Taman 3 Dimensi, jalan Awang Long, Bontang Utara, lomba Kadarkum  diikuti oleh delapan Kelurahan, yakni Gunung Elai, Guntung, Loktuan, Bontang Kuala, Bontang Lestari, Belimbing, Tanjung Laut Indah, dan Berbas Tengah.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dimulai hari ini (27/11) hingga Rabu (28/11), dengan materi yang diperlombakan meliputi undang – undang lalu lintas, keterbukaan informasi publik, narkotika, perlindungan anak, pornografi, informasi dan transaksi elektronik, hingga bantuan hukum.

Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kota Bontang H. Hariyadi, SH, MM, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak dan kewajiban sebagai warga negara dengan memahami serta mentaati hukum yang berlaku di Indonesia.

Dijelaskan Hariyadi, bahwa pemenang lomba Kadarkum tingkat Kota Bontang nantinya akan mewakili Pemkot Bontang dalam lomba Kadarkum tingkat Provinnsi Kaltim tahun 2019.

Sementara itu, dalam sambutan Wali Kota Bontang yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Drs. H.M. Bahri, M.AP, menyampaikan apresiasi  dan menyambut baik penyelengaraan lomba Kadarkum tersebut, terutama karena tujuan lomba Kadarkum, yakni meningkatkan kesadaran hukum dan HAM masyarakat Kota Bontang.

Selain itu, Bahri berharap kepada panitia untuk melakukan pembinaan kepada pemenang lomba, mengingat lomba Kadarkum tersebut dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan.

“Saya harap kepada panitia tentang pembinaannya, siapa pun yang menjadi juara karena akan mewakili Kota Bontang di 2019 (lomba Kadarkum), saya harapkan jangan dilepas begitu saja, tetapi selama itu adakan pembinaan rutin,” tutur Bahri.

Tak lupa, Bahri pun menekankan agar kesadaran hukum tersebut dapat diaplikasikan terutama dilingkungan keluarga. Menurutnya, jika dilingkungan keluarga dapat menerapkan hukum dengan baik, maka akan membawa pengaruh positif dilingkungan sekitar.

“Dengan mengharap ridho Allah WST, Tuhan YME, marilah kita membuka kegiatan ini dengan bersama – sama membaca Basmalah, lomba Kadarkum ini resmi dimulai,” tutup Bahri

Tampak hadir pada pembukaan lomba Kadarkum, kepala dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Kanwil Kemenkumham Kaltim, perwakilan unsur Forkopimda Kota Bontang, tamu undangan, dan peserta lomba.

PPID Kota Bontang