DPRD Kota Bontang Gelar Rapat Pengambilan Keputusan Raperda APBD Tahun 2019

(Bontang,27 November 2018). Wali kota Bontang dan Wakil Wali kota Bontang menghadiri rapat pengambilan keputusan terhadap Raperda Kota Bontang tentang APBD Tahun Anggaran 2019 di Auditorium Taman 3D, Jl. Awang Long No. 1 Kota Bontang pada  hari Selasa, 27 November 2018.

Nampak hadir dalam rapat paripurna ini, 19 (Sembilan belas) anggota DPRD Kota Bontang dari 5 (lima) fraksi,  PJ. Sekda Kota Bontang drh. Agus Amir, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Forkopinda, perwakilan PT. Pupuk Kaltim, perwakilan PT. Badak LNG, perwakilan PT. Indominco Mandiri, dan para undangan.

Dalam sambutannya, ketua DPRD Kota Bontang Drs. H. Nursalam sekaligus pimpinan rapat  menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat paripurna sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019.

Nursalam menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rapat antara Pemerintah Kota Bontang dan Pimpinan serta anggota DPRD Kota Bontang, bahwa pada prinsipnya sepakat dan menyetujui rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun anggaran 2019 yang akan ditetapkan menjadi Perda Kota Bontang dan diundangkan dalam Lembaran Daerah.

Dengan memperhatikan saran, pendapat dan masukan-masukan, maka ditetapkan anggaran Pemerintah Kota Bontang sebesar kurang lebih Rp.1,4 Trilyun Rupiah. Dengan rincian Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp. 169 M, dana perimbangan Rp. 958 M,dan pendapatan lain- lain yang sah sebesar Rp. 174 M. Jumlah anggaran ini lebih besar 300 Milyar di banding tahun kemaren. Karenanya dengan bertambahnya anggaran ini, diharapkan dapat meningkatkan pembangunan di Kota Bontang dan meningkatkan kesejahteraan pegawai di Kota Bontang.

Senada, Wali kota Bontang menyatakan, di tahun 2019 Pemerintah Kota Bontang berkomitmen mengalokasikan  10 % APBD untuk penanggulangan banjir, restorasi sungai, dan laut, sebagaimana  misi Pemkot Bontang menjadikan Kota Bontang sebagai “green city” melalui peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Di akhir sambutannya, Bunda Neni berterima kasih kepala seluruh OPD yang telah bekerja sama dalam mengakomodir seluruh kegiatan prioritas, yang mengedepankan kepentingan masyarakat.  Beliau juga  memberikan apresiasi yang tinggi kepada para anggota DPRD yang telah menyetujui semua usulan program dari Pemerintah Kota Bontang.

PPID Kota Bontang