Salurkan Bantuan Rp 316,5 Juta, OGFICE & Badak LNG Turut Majukan Pendidikan di Bontang

Komitmen kepedulian Badak LNG terhadap dunia pendidikan di Bontang terus diwujudkan. Pengolah gas alam cair itu kembali menyaluran bantuan sebesar Rp 316,5 juta dari OGFICE atau Osaka Gas Foundation of International Cultural Exchange untuk program beasiswa, peningkatan sarana dan prasarana sekolah, serta perlengkapan penunjang pembelajaran bagi siswa di 2018

President Director & CEO Badak LNG, Didik Sasongko Widi menjelaskan, OGFICE merupakan yayasan yang dibentuk salah satu pembeli gas dari Badak LNG yaitu Osaka Gas dari Jepang yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan, salah satunya kepada masyarakat Bontang.

Sejak 1992 hingga 2018, OGFICE melalui program peduli pendidikannya telah berkomitmen mendukung dan membantu memajukan pendidikan di Kota Bontang ini. 

“Terima kasih, karena dengan adanya bantuan dan partisipasi aktif OGFICE yang tentunya bersinergi dengan program CSR Badak LNG, pemerintah dan masyarakat, khususnya siswa-siswi Bontang dapat terbantu dalam hal ekonomi untuk pendidikan. Sehingga, akan timbul rasa semangat dalam menimba ilmu untuk meraih cita-citanya,” ucap Didik Sasongko saat peresmian bantuan di Town Centre Badak LNG, Rabu, 14 November 2018.

Pada tahun ini, lanjut Didik, Badak LNG kembali menyalurkan bantuan dari OGFICE berupa beasiswa, bantuan peralatan sekolah dan program kepedulian terhadap sekolah pesisir. 

Untuk pendidikan SMA dan Mahasiswa, OGFICE menyalurkan bantuan beasiswa senilai Rp. 148.500.000. Ditingkat SMA, sebanyak 125 siswa dari 5 sekolah mendapatkan bantuan ini. Mereka berasal dari SMAN 1 Bontang, SMAN 2 Bontang, SMKN 1 Bontang, SMKN 2 Bontang dan SMKN 3 Bontang. Sementara tingkat perguruan tinggi, sebanyak 20 mahasiswa dari Universitas Trunajaya, STTIB , dan STITEK Bontang juga mendapatkan bantuan serupa.

Badak LNG juga menyalurkan bantuan dari OGFICE berupa peralatan sekolah kepada 5 sekolah di Bontang. Antara lain; SDN 010 Bontang Selatan, SDN 011 Bontang Selatan, SDN 012 Bontang Selatan, SMPN 2 Bontang, dan SMA Bahrul Ulum Bontang dengan nilai bantuan peralatan sekolah sebesar Rp. 150 juta.

Disamping itu, OGFICE juga memberikan bantuan berupa buku tulis senilai Rp 18 juta kepada siswa siswi di sekolah pesisir. Sekolah tersebut adalah SDN 014 LokTunggul, SDN 015 Selangan, SDN 016 Tihi-Tihi, SD YPPI Teluk Kadere, MI Arriyadh Nyerakat Kiri, SD Pulau Gusung, serta SD YPPI Melahing. 

“Sehingga, total bantuan yang diberikan oleh OGFICE pada tahun ini adalah sebesar Rp Rp 316.500.000,” ucapnya.

Selain menyalurkan bantuan dari OGFICE, Badak LNG juga telah menggulirkan aneka program dan aktivitas di bidang pendidikan untuk mendukung pengembangan pendidikan Kota Bontang dan Kaltim. Program-program yang berhasil dijalankan secara berkesinambungan tersebut diantaranya COOP atau Cooperative Education Program, LNG Academy, Program Magang Lab, KulturJaringan dan Operator Biodiesel, PKL, dan BAFCO atau Badak Full Scholarship. 

“Dengan bantuan-bantuan yang diberikan tersebut, maka kita patut bersyukur dan selalu berusaha untuk dapat memajukan bangsa kita salah satunya melalui ranah pendidikan,” harapnya.

Badak LNG, akan terus menyalurkan bantuan dari OGFICE yang bersinergi dengan CSR Badak LNG. Sehingga, dapat menjadi keterlibatan perusahaan membangun dan memajukkan pendidikan di Kota Bontang.

Sementara itu, Chairman of OGFICE, Tetsuo Setoguchi berharap para penerima beasiswa ini juga bisa berperan dalam rangka membangun negeri sendiri. Di samping itu mampu memberi kontribusi untuk menjalin hubungan dengan pihak luar terutama dari Jepang. Jika ada kesempatan, para penerima beasiswa nantinya diharapkan dapat belajar dan menimba ilmu di Jepang.

“Dan saya juga merasa bahwa kesempatan ini adalah kesempatan yang benar-benar baik dan secara langsung saya bisa bertemu dengan para penerima beasiswa. Saya yakin bahwa bantuan yang telah kami salurkan tadi akan berguna baik bagi pribadi siswa itu sendiri juga bagi kemajuan semuanya. Saya merasa yakin seperti itu,” paparnya.

Penyerahan bantuan itu dihadiri pula Chairman of OGFICE, Tetsuo Setoguchi, Executive Director of OGFICE, Hiroshi Sumitomo, General Manager of PT JESPRA, Shinsuke Ishibasi, Wali Kota Bontang Neni Moernieni beserta Kepala Dinas Pendidikan Bontang, Akhmad Suharto, Rektor dan Pimpinan Tertinggi Universitas Trunajaya, STITEK dan STTIB Yabis, serta Kepala Sekolah penerima bantuan OGFICE tahun 2018.

Hal ini pun mendapat perhatian khusus dari Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. Pada akun instagramnya, disampaikan sukses Badak LNG juga merupakan kesuksesan masyarakat Kota Bontang. Dikarenakan, Badak LNG mampu memberi multiplier effect terhadap perekonomian di Kota Bontang.

“Dan untuk kesekian kalinya, PT. Badak kembali menunjukkan aspek sosialnya dengan menyerahkan Bantuan OGFICE 2018. Sukses dan sinergi terus PT Badak LNG,” tulis akun @jejak_bunda_neni. (BUS/RY/CR/Win)

(Dokumentasi Fhoto Selengkapnya)