Pemkot Bontang Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018

(Bontang, 30 Oktober 2018). Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang jatuh pada 28 Oktober 2018 kemarin, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang menggelar upacara di halaman eks kantor Wali Kota, jalan Awang Long, Bontang Utara, Senin (29/10) pagi.

Upacara yang berlangsung khidmad dan lancar tersebut dipimpin langsung oleh Wali kota Bontang dr. Hj. Neni Moerniaeni, Sp.Og dan diikuti berbagai elemen, baik pelajar, Aparatur Sipil Negara (ASN), Ormas, serta Aparat TNI dan Polri.

Serupa dengan upacara peringatan HUT Kota Bontang ke-19 pekan lalu, inspektur upacara hingga tamu undangan yang hadir pada upacara Sumpah Pemuda ke-90 ini pun juga menggunakan pakaian adat khas Indonesia.

Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi yang dibacakan Wali kota Bontang, menyampaikan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 kali ini mengambil tema “BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA”, tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila, dan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, Menpora juga mengajak pemuda untuk bijak dalam menggunakan teknologi informasi. ia mengibaratkan tumbuh pesatnya perkembangan teknologi informasi layaknya dua mata pisau, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif.

“Informasi – informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara,” terang Neni.

Tahun 2019, lanjut Neni, Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD TK. I, dan DPRD TK. II. “Untuk itu, peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu damai, kredibel, dan berkualitas,” tutur Neni.  

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide – ide, tekad, dan cita – cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia – sia dalam mengubah dunia,” pungkasnya.

Selain menggelar upacara, Pemkot Bontang melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Bontang juga menyerahkan trofi dan uang pembinaan kepada pemenang lomba pidato mahasiswa/pelajar, pemenang festival band sekota Bontang dalam rangka HUT Kota Bontang ke-19 dan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90.

Dikesempatan yang sama, penghargaan juga diberikan kepada Duta Wisata dan peserta Jambore Daerah Kaltim di Samarinda, serta peserta Jambore Pemuda Indonesia di Bangka Belitung.

Nampak hadir pada upacara tersebut, Wakil Wali kota Bontang Basri Rase, Ketua DPRD Kota Bontang Drs. H. Nursalam, Anggota DPRD Kota Bontang, Unsur Muspida Kota Bontang, unsur Forkopimda Kota Bontang, kepala dan perwakilan OPD Kota Bontang, perwakilan Ormas, dan tamu undangan. (Dokumentasi Fhoto Selengkapnya)

PPID Kota Bontang